Skip to main content

Perkuat Sinergi, DPRD Provinsi Bengkulu dan Pemprov Dukung Penuh Program Prioritas PSP

Perkuat Sinergi, DPRD Provinsi Bengkulu dan Pemprov Dukung Penuh Program Prioritas PSP
Perkuat Sinergi, DPRD Provinsi Bengkulu dan Pemprov Dukung Penuh Program Prioritas PSP

Penarafflesia.com  - Dalam rangka memperkuat sinergi dan kolaborasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan Pemerintah Daerah khususnya pada program prioritas Kemendikbudristek yaitu Program Sekolah Penggerak (PSP), Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu, melaksanakan Audiensi dengan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu. Audiensi dilaksanakan pada Senin, Juni 2023, bertempat di Ruang Rapat Komisi Gedung DPRD Provinsi Bengkulu.

Rapat tersebut yang bertindak sebagai Pimpinan Rapat, Edwar Samsi, S.IP, MM merupakan Ketua Komisi IV DPRD Bengkulu, didampingi oleh Sefty Yuslinah, S.Sos, M.Ap, H. dan Badrun Hasani, SH, MH juga merupakan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, rapat itu juga turut dihadiri Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bengkulu (BAPPEDA) Hj. Yuliswani, SE., M.M., Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Perwakilan Balai Guru Penggerak (BGP) Provinsi Bengkulu, dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bengkulu.

Edwar Samsi menuturkan terkait dengan program sekolah penggerak dan kurikulum merdeka belajar merupakan kebijakan strategis nasional yang merupakan instruksi dari Kementerian Pendidikan dimana pendidikan ini akan ditransformasikan ke pemerintah daerah yaitu pemerintah Provinsi Bengkulu ,” kata Edwar saat di wawancarai.


Edwar juga menambahkan Adapun persoalan yang dialami oleh pemerintah saat ini adalah mengenai minimnya anggaran. Dari Anggaran Pemerintah Provinsi Bengkulu 2,9 triliun 40,15 persen digunakan untuk belanja pegawai dan 900 miliar barulah dialokasikan dalam pada bidang pendidikan.

“Sehingga untuk mendukung program ini, berdasarkan hasil audiensi ada masukan mengurangi belanja bentuk fisik bangunan dalam dunia pendidikan. Kemudian anggaran tersebut dialokasikan untuk pembangunan Program Sekolah Penggerak (PSP) di Provinsi Bengkulu. Masukan ini akan kita bicarakan kembali,” tutup Edwar

Menanggapi hal itu Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bengkulu (BAPPEDA) Hj. Yuliswani, SE., M.M., mengatakan Pemerintah Provinsi Bengkulu menyambut baik apa yang disampaikan dalam audensi hari ini yaitu Program Sekolah Penggerak dan lainnya.

“Kedepannya pemerintah Provinsi Bengkulu siap berkolaborasi karena ada juga kebijakan pemerintah pusat agar pemerintah daerah melalui APBD mensupport kegiatan ini” ujarnya. (Adv)

KOMIS IV

  • KENZO CELL

Berita Terkini