Skip to main content

Sobat Goresan Kita, Berikut 15 Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Rumah dan Tips yang Perlu Dilakukan

Ilustrasi Usaha Kecil Kecilan Foto/Dok Net
Ilustrasi Usaha Kecil Kecilan Foto/Dok Net

Ekbis - Berbisnis dengan membuka usaha kecil-kecilan di rumah kini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata.

Meski modal yang diperlukan tidaklah cukup besar, namun nyatanya keuntungan yang didapatkan dari usaha rumahan ini cukup menjanjikan.

Terlebih jika usaha tersebut digeluti dengan tekun dan dipersiapkan dengan sangatlah baik, maka hasil yang didapat pasti tidaklah mengecewakan.

Selain itu, dengan adanya globalisasi yang memudahkan adanya interaksi masyarakat dengan budaya dari luar, kini sudah banyak ide-ide usaha rumahan yang terinspirasi dari makanan maupun minuman khas dari berbagai negara.

Ide-ide usaha kecil-kecilan di rumah yang kekinian tersebut tentu bisa dicoba untuk menarik atau memenuhi hasrat masyarakat sebagai calon konsumen yang mengikuti tren masa kini.

Nah, berikut ini pun kami sajikan beberapa contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang kekinian dan patut dicoba.

Contoh Usaha Kecil-Kecilan di Rumah

Warung Kopi
Anda bisa memanfaatkan lahan kecil di rumah untuk membuka warung kopi kekinian yang biasanya menjadi tempat favorit para mahasiswa untuk menghabiskan waktu atau nongkrong bersama teman-teman. Anda pun bisa memasang WiFi sebagai fasilitas untuk pengunjung.

Franchise Minuman
Selain membuka warung kopi sendiri, Anda juga bisa membuka franchise minuman yang kekinian seperti thai tea, minuman dengan boba yang memiliki target pasar yang pasti dengan keuntungan menjanjikan.

Katering
Usaha ini mungkin cocok untuk kaum ibu rumah tangga atau yang memiliki hobi memasak. Keterampilan memasak yang dimiliki dapat dimanfaatkan untuk membuka katering atau jasa boga. Anda pun bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha katering tersebut.

Warung Seblak
Seblak menjadi salah satu makanan favorit yang banyak disukai kalangan remaja hingga dewasa. Saking banyaknya yang menyukai makanan ini kini pun sudah banyak variasi seblak di masyarakat seperti seblak ceker, seblak sosis, dan lainnya. Anda bisa membuka warung seblak dengan ciri khas sendiri untuk membedakannya dengan warung seblak lainnya.

Makanan Korea
Demam Korea tak hanya meramaikan bidang hiburan saja, namun juga menyeret budayanya seperti makanan tradisional Korea yang kini digemari oleh masyarakat Indonesia. Makanan-makanan tersebut seperti bulgogi, kimchi, tteokbokki yang menarik untuk dijadikan usaha.

Frozen Food
Kini banyak orang tua maupun anak kos yang gemar untuk menstok makanan-makanan frozen food atau makanan siap saji lantaran cara pengolahannya yang mudah. Oleh sebab itu, Anda bisa membuka usaha frozen food dari mulai nugget premium, nugget curah, sosis, kornet, otak-otak, cireng, dan masih banyak lagi.

Jagung dan Sosis Bakar
Jika lokasi rumah Anda cukup strategis dengan tempat-tempat yang sering dijadikan tempat nongkrong para kaum muda, usaha jagung dan sosis bakar juga cocok untuk dicoba.

Bubur Ayam
Anda juga bisa berjualan bubur ayam di depan rumah. Hal ini mengingat bubur ayam kerap kali menjadi menu sarapan yang dipilih oleh masyarakat baik pelajar maupun pekerja kantoran.

Telur Gulung, Bihun Gulung, Aci Telor
Makanan ini bisa Anda kembangkan untuk dijadikan sebagai usaha yang lebih unik sehingga tidak kalah saing dengan pedagang lainnya.

Nasi Goreng dan Bakmi Goreng
Nasi goreng dan bakmi goreng menjadi makanan yang mudah menghasut selera makan setiap orang. Membuka warung nasi goreng dan bakmi goreng di rumah saat malam hari bukanlah ide yang buruk.

Token Listrik dan Pulsa
Selain usaha makanan, Anda juga bisa memanfaatkan HP untuk membuka usaha token listrik dan pulsa lantaran keduanya kini termasuk kebutuhan sehari-hari masyarakat.

Usaha Mainan Anak
Anda juga dapat membuka usaha mainan anak dengan menyediakan mainan-mainan kekinian, seperti lato-lato yang kini banyak digemari untuk memikat pembeli.

Usaha Fotokopi
Jenis usaha ini seakan tidak bisa termakan waktu. Jasa fotokopi sangatlah dibutuhkan oleh masyarakat, dari pelajar hingga para pekerja.

Usaha Laundry
Usaha laundry juga cukuplah menguntungkan karena biasanya masyarakat memilih untuk memasukkan pakaian kotornya di laundry jika tengah tidak memiliki waktu untuk mencuci sendiri atau pakaian kotor telah menumpuk cukup banyak.

Bisnis Online
Terakhir Anda bisa membuka bisnis online seperti menjual pakaian, peralatan rumah tangga, skincare, dan lainnya. Manfaatkan media sosial, marketplace untuk memperluas target penjualan.

Tips Membuka Usaha di Rumah

Meski terkesan mudah untuk dilakukan, membuka usaha kecil-kecilan nyatanya juga memerlukan berbagai langkah persiapan dan perhitungan yang matang. Oleh sebab itu, sebelum memulainya ada baiknya Anda melakukan tips-tips berikut ini.

  • Cari ide bisnis yang cocok dengan kemampuan.
  • Buat rencana bisnis dari tujuan, target pasar, kompetitor, proyeksi keuntungan hingga produksi.
  • Siapkan modal.
  • Lakukan riset pasar.
  • Temukan supplier produk yang tepat.
  • Lakukan evaluasi secara berkala.
  • Adakan promosi untuk mendatangkan pelanggan.
  • Buat target keuntungan.
  • Buat rekening tabungan yang terpisah dengan rekening pribadi.
  • Tentukan model usaha (online/offline).
  • KENZO CELL

Berita Terkini