Skip to main content

PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2023, Sekda Hamka Sabri Targetkan Bengkulu Terbaik Nasional

Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, mewakili Gubernur Bengkulu pada Rapat Pemantapan Persiapan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 Provinsi Bengkulu di Sumatera Barat
Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, mewakili Gubernur Bengkulu pada Rapat Pemantapan Persiapan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 Provinsi Bengkulu di Sumatera Barat

Penarafflesia.com - Provinsi Bengkulu menargetkan dapat menyabet predikat terbaik nasional dalam gelaran Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 yang akan berlangsung pada 10 hingga 15 Juni 2023 di Padang Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, mewakili Gubernur Bengkulu pada Rapat Pemantapan Persiapan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 Provinsi Bengkulu di Sumatera Barat, Rabu (24/5/2023).

"Dilihat dari persiapan dan pernyataan dari teman-teman baik itu OPD maupun Ketua KTNA kita sangat optimis sekali akan bisa berhasil mengikuti KTNA tahun ini, yakin saya," papar Hamka Sabri.

Ditambahkan Hamka bahwa dari hasil rapat yang dilakukan hari ini, terlihat bahwa kesiapan dari setiap OPD juga perwakilan kabupaten/kota dan dari Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) sudah sangat siap untuk membawa nama baik Bengkulu.

Keberangkatan rombongan asal Bengkulu ke Padang Sumatera Barat direncanakan akan dilepas langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. 

"Dari hasil rapat pada prinsipnya, baik itu panitia Provinsi maupun panitia Kabupaten, juga KTNA nya sendiri dari ketua, siap untuk ke Padang Sumatera Barat, Insya Allah di tanggal 5 Juni akan dilepas oleh pak Gubernur," jelas Hamka.

Sementara itu Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Provinsi Bengkulu Akraludin, menjelaskan total peserta asal Bengkulu yang akan mengikuti Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Padang Sumatera Barat, yang saat ini terdata berjumlah 560 peserta termasuk pendamping dan peninjau.

"Secara umum kami perserta sudah siap, untuk mengikuti acara PENAS Petani Nelayan XVI dan semua peserta sudah dibagi rata untuk mengikuti tiap-tiap kegiatan, mudah-mudahan kita bisa meraih kemenangan, nama baik untuk Provinsi Bengkulu, kita akan berusaha," ungkap Akraludin.

Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan adalah forum pertemuan petani nelayan dan petani sebagai wadah kegiatan pembelajaran, tukar menukar informasi, pengalaman serta pengembangan kemitraan dan jejaring kerjasama antara para nelayan dan petani, peneliti, penyuluh, pihak swasta dan pemerintah. Sehingga dapat membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian sebagai pelaku utama pembangunan pertanian dan perikanan.

Berdasarkan hasil Rembug Utama Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Nasional pada PENAS XV Petani Nelayan Tahun 2017 di Aceh, disepakati bahwa PENAS Petani Nelayan XVI pada 10 sampai dengan 15 Juni 2023 di Lapangan Udara (LANUD) Sutan Sjahrir, Kota Padang Sumatera Barat.

Redaksi

  • KENZO CELL

Berita Terkini