Skip to main content

Festival Makan Beantagh di Belabar Digelar Meriah di Desa Batu Ampar

Penarafflesia.com - Festival Makan Beantagh di Belabar digelar dengan meriah di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang, Bengkulu Selatan. Festival ini merupakan bagian dari kebudayaan lokal dan termasuk dalam Program Desa Wisata Provinsi Bengkulu yang masuk dalam Kalender Event 2024. Tahun ini, Desa Batu Ampar yang terletak di ujung Kecamatan Kedurang bertindak sebagai tuan rumah.

Acara ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan budaya dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni Dunia, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), termasuk Ketua PKK Kabupaten Bengkulu Selatan, Nurmalena G. Mulyadi.

Desa Batu Ampar dikenal dengan potensi kearifan lokalnya serta panorama alam yang indah, termasuk habitat Bunga Rafflesia yang langka. Festival ini diharapkan dapat semakin memperkenalkan Desa Batu Ampar, baik di tingkat nasional maupun internasional.

adv

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, sangat mengapresiasi pelaksanaan Festival Makan Beantagh di Belabar ini. "Kita yakin Desa Batu Ampar dapat melaju ke tingkat nasional bahkan di atasnya, tinggal bagaimana kita mengemasnya agar dapat dijual ke pasar yang lebih luas, salah satunya soal telekomunikasi," kata Murlin.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan juga memberikan apresiasi kepada jajaran Pemerintah Desa Batu Ampar yang telah berpartisipasi dalam kontestasi Desa Wisata beberapa waktu lalu. Partisipasi ini membuat Desa Batu Ampar, meskipun berada di ujung Kedurang, kini semakin dikenal.

"Alhamdulillah kita sama-sama bersyukur, sebab raihan prestasi kita dalam sektor wisata sudah diakui, dan kita pastikan terus berinovasi," ujar Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni Dunia.

Festival Makan Beantagh di Belabar menjadi bukti bahwa kebudayaan lokal memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan diperkenalkan ke kancah yang lebih luas, sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. (Adv)

  • KENZO CELL

Berita Terkini