Skip to main content

Sebanyak 34 KPM Desa Tanjung Agung Seluma Barat Terima BLT-DD Tahap Kelima

Poto ; Dodi Herni kades Desa Tanjung agung Seluma Barat saat memberikan BLT-DD kepada KPM
Poto ; Dodi Herni kades Desa Tanjung agung Seluma Barat saat memberikan BLT-DD kepada KPM

Seluma, Penarafflesia.com - Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD )  merupakan Program Pemerintah dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang mana di berikan untuk masyarakat Keluarga Penerima Manfaat ( KPM ).

Dana Desa sebagaimana yang dimaksud ditentukan penggunaanya untuk sebagai berikut, Salah satunya BLT-DD.

Berdasarkan Permendes no. 8 th 2022 tentang Prioritas Dana Desa th 2023 Bab ll Poin ( 9 ) Bantuan langsung tunai ( BLT ) DD maksimal 25%.

Berdasarkan Permenkeu no.128/PMK.07/2022 tentang Perubahan atas Permenkeu Nomor 190/PMK.07/2021 tentang Pengelolaan Dana Desa Pasal 33 poin (5 ) Besaran BLT Desa sebagai mana di maksud pada ayat (1 ) di tetapkan sebesar Rp. 300 ribu/ bulan untuk keluarga penerima manfaat ( KPM ).

Dengan ini Pemerintah Desa Tanjung agung Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma Salurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap kelima di bulan mei 2024 melalui Dana Desa ( DD ) Rabu, (15/5/2024).

Kegiatan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT-DD ) tersebut dilaksanakan di gedung Balai Posyandu Desa Tanjung agung. dalam Penyaluran BLT-DD tersebut  dihadiri Kepala Desa Tanjung agung Dodi Herni, Pendamping desa, Perangkat Desa, BPD, Camat Seluma Barat di wakili Kasih PMD, serta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Berdasarkan hasil musyawarah Desa Tanjung agung, sebanyak 34 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berhak menerima BLT–DD tahun anggaran 2024.

Kepala Desa Tanjung agung Dodi Herni mengatakan, Penyaluran Bantuan langsung tunai Dana Desa ini adalah Penyaluran tahap kelima. Yang mana Penyaluran tahap Pertama hingga ke empat sudah di salurkan pada bulan April 2024.

Kades Tanjung agung saat menyampaikan pesan kepada KPM

“BLT-DD ini merupakan Program Pemerintah untuk Pemulihan ekonomi masyarakat, terkhusus keluarga Penerima manfaat ( KPM ).  gunakanlah dana ini sebaik-baiknya guna untuk keperluan yang bermanfaat bagi kebutuhan keluarganya sehari-hari" Sampainya.

Kades juga berpesan kepada warga masyarakat Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa ( BLT DD ) untuk bisa menggunakan bantuan langsung tunai Dana Desa ini dengan  sebaik-baiknya.

"Kalau sudah menerima bantuan BLT-DD ini gunakanlah untuk kebutuhan pokok, kebutuhan sehari-hari. Insyallah bisa meringankan sedikit beban Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Tanjung anjung " terangnya.

Ia menegaskan bahwa jumlah Penerima yang telah ditetapkan sebanyak 34 KPM, telah sesuai berdasarkan hasil musyawarah desa. Dari jumlah KPM yang sudah di tetapkan sebanyak 34 Warga, ada 8 orang Warga dimana yang termasuk golongan miskin Extrim, 1 orang mengidap penyakit menahun juga warga yang sudah jompo.

Aji mukminin, salah seorang keluarga Penerima Manfaat (KPM) sangat bersyukur sekali atas  Bantuan yang di berikan Pemerintah melalui Pemerintahan Desa dalam bentuk Bantuan Langsung tunai (BLT DD).

"Saya sangat bersyukur dan berterima kasih sekali kepada Pemerintah melalui Pemerintahan desa yang sudah menyalurkan bantuan BLT DD ini. Jadi dengan mendapatkan bantuan ini sedikit bisa meringankan beban kami keluarga Penerima manfaat" jelasnya. (AZ)

  • KENZO CELL

Berita Terkini