Pendidikan Gratis di SMKN 3 Bengkulu Tengah Diapresiasi

Penarafflesia - Gubernur Bengkulu mengapriasiasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 3) Bengkulu Tengah yang mampu menggratiskan pendidikan bagi siswa-siswinya.

Atas apresiasi itu, Gubernur Bengkulu mendukung melalui Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Provinsi Bengkulu akan membantu sara dan prasarana yang dibutuhkan di SMKN 3 Bengkulu Tengah. salah satunya pembangunan pagar sesuai permintaan pihak sekolah agar area kebun pembibitan Pinang Wanginya tidak diganggu hewan ternak, merupakan produk usaha unggulan dari sekolah yang terletak di Desa Talang Tengah Kecamatan Pondok Kubang.

Selain itu, sebanyak 47 orang siswa-siswi kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 3) Bengkulu Tengah, Jumat pagi (29/10) menerima bantuan baju seragam sekolah gratis.

"Saya sangat mengapresiasi. Program yang kita canangkan terkait sekolah gratis ternyata bisa diterapkan di sini. Bahkan bukan hanya biaya sekolah tapi juga memberikan seragam gratis bagi anak didik baru," ujarnya, Jumat (29/9).

Sementara, Kepala Sekolah SMKN 3 Benteng Afrijoni, bantuan dan dukungan dari pemerintah sangat dibutuhkan karena sekolah tidak ada pungutan komite.

"Kalau untuk kesejahteraan guru kita perjuangkan dari usaha. Namun untuk pembangunan kami butuh bantuan dari pemerintah," tuturnya.

Afrijoni mengungkapkan, sekolah yang dipimpinnya mulai menggratiskan biaya kepada para siswa sejak 2 tahun yang lalu. Langkah ini diambil guna meningkatkan jumlah peserta didik yang tiap tahun tak mengalami perkembangan. Selain itu banyak para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Saat ini SMKN 3 Benteng membuka 4 jurusan yaitu, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura, Akuntansi dan Multimedia.

Afrijoni juga menuturkan, walapun SMKN 3 Benteng memberikan pendidikan yang berkualitas. Terbukti banyak lulusan sekolah ini telah berhasil membuka usaha sendiri atau melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

  • HUT Provinsi Bengkulu
  • PMD
  • dana desa
  • inovasi

Berita Terkini