Skip to main content

Suimi Dukung Pengembangan Wisata Bengkulu Tengah

Bengkulu - Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Bengkulu, Suimi Fales mendukung pengembangan potensi wisata desa di Bengkulu Tengah. Mengatakan Bengkulu sangat kaya akan potensi wisata termasuk Bengkulu Tengah.

“Bengkulu sangat kaya dengan potensi wisata salah satunya Bengkulu Tengah, namun sayangnya belum terkelola maksimal,”. Kata Suimi Fales, Senin (31/01/22) siang usai mengikuti sidang paripurna.

Salah satu potensi wisata desa di Bengkulu Tengah yang menjadi sorotan Suimi Fales adalah Air Sebakul. Menurutnya, Air Sebakul yang kini menjadi nama desa itu memiliki potensi wisata desa yang layak menjadi tujuan wisata.

“Air sebakul memiliki histori (sejarah) sehingga namanya cukup di kenal publik. Air sebakul layak untuk dikembangkan. Saya yakin jika dikelola maksimal akan mampu mendorong peningkatan pendapatan desa. Selain air sebakul ChekDam air sebakul juga layak dijadikan wisata desa. Kita sangat mendukung pengembangan potensi wisata ini,”. Kata Suimi Fales kembali.

Selain Air Sebakul, ChekDam desa Jayakarta juga menjadi pantauan Suimi Fales. Ia mengatakan ChekDam juga memiliki potensi wisata yang tidak kalah saing dengan wisata lain.

“Selain ChekDam dimiliki Air Sebakul, Bengkulu Tengah juga memiliki ChekDam lain yaitu ChekDam di Desa Jayakarta. ChekDam Jayakarta juga memiliki sejarah, dulu ChekDam Jayakarta sengaja dibuat oleh pemerintah untuk penampungan air di wilayah tersebut. Zaman sekarang sudah berbeda, ChekDam bisa dialih fungsikan menjadi wisata misal wisata pemancingan ikan,”. Jelasnya Kembali.

Terkait minimnya anggaran desa mengelola potensi wisata tersebut. Suimi Fales menawarkan alternatif solusi. Ia mengatakan pemerintah menetapkan empat persen dari anggaran dana desa harus dikelola untuk percepatan pembangkitan ekonomi masyarakat.

“Pengembangan potensi wisata bagian dari percepatan pengembangan ekonomi masyarakat desa. Artinya, anggaran tersebut bisa direalisasikan untuk pengembangan potensi wisata desa,”. Tutupnya. (adv)

  • KENZO CELL

Berita Terkini

Berita Rekomendasi