Skip to main content

Harga TBS Sawit di Bengkulu Desember Rp2.182 per kilogram

TBS Sawit yang baru selesai dipanen.
TBS Sawit yang baru selesai dipanen.

Penarafflesia.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu bersama Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit telah menetapkan harga pembelian TBS di tingkat pabrik untuk periode Desember 2023. Harga tersebut telah ditetapkan sebesar Rp2.182 per kilogram (Kg) dan berlaku untuk perkebunan kelapa sawit dengan umur tanam 10-20 tahun yang telah disetujui oleh beberapa perusahaan kelapa sawit di Bengkulu.

M Rizon, Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, menjelaskan bahwa penetapan harga TBS ini dipengaruhi oleh nilai tambah penjualan cangkang sawit sebesar 27,19 persen relatif terhadap indeks 'K'. Selain itu, harga rata-rata penjualan crude palm oil (CPO) atau minyak kelapa sawit per liter pada periode sebelumnya sebesar Rp11.230 juga menjadi pertimbangan dalam penetapan harga TBS.

Rizon menyampaikan bahwa harga TBS juga dipengaruhi oleh umur tanaman kelapa sawit. Untuk kelapa sawit usia 5 tahun, harga TBS ditetapkan sebesar Rp2.033 per kilogram (Kg), usia 8 tahun sebesar Rp2.084/Kg, usia 23 sebesar Rp2.122/Kg, dan usia 25 sebesar Rp2.047/Kg.

Rapat penetapan harga ini berlangsung di salah satu hotel di Kota Bengkulu beberapa hari yang lalu. Penetapan harga TBS ini diharapkan dapat memberikan keadilan bagi para petani kelapa sawit di Bengkulu dan mendorong pertumbuhan sektor perkebunan di wilayah tersebut.

"Kami berharap seluruh perusahaan dapat mematuhi ketetapan ini agar masyarakat petani tidak mengalami kerugian dan dapat memberikan dorongan positif pada perekonomian daerah," ungkapnya.

Tags
  • KENZO CELL

Berita Terkini

Berita Rekomendasi