Skip to main content

Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Batik  Besurek dalam HUT Kota Bengkulu ke-304

Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Batik  Besurek dalam HUT Kota Bengkulu ke-304 (foto: Mc Kota)
Ribuan Peserta Ikuti Karnaval Batik  Besurek dalam HUT Kota Bengkulu ke-304 (foto: Mc Kota)

Kota Bengkulu - Pada hari Kamis (9/3/23), ribuan peserta mengikuti karnaval batik besurek yang mewarnai pusat Kota Bengkulu, dimulai dari berendo masjid Agung At Taqwa Kelurahan Anggut, simpang lima, soeprapto, pintu batu hingga pasar melintang.

Melalui kamera drone, terlihat peserta yang menyemut dan memenuhi berendo yang menjadi titik start dan finish bagi peserta. Sejak pukul 06.00 WIB, peserta yang terdiri dari pelajar/siswa TK, SD, SMP se-Kota Bengkulu, peserta dari OPD, kelurahan, kecamatan dan masyarakat umum telah tiba di berendo.

Karnaval batik besurek ini diadakan dalam rangka HUT Kota Bengkulu ke-304 dan dibuka oleh wakil walikota Dedy Wahyudi. Hadir juga Kajari Bengkulu, Kasdim 0407/Bengkulu, yang mewakili Kapolresta Bengkulu, Ketua DPRD Kota Bengkulu, Sekda, Ketua BMA, para asisten, staf ahli dan seluruh kepala OPD.

Dalam karnaval batik besurek ini, Dinas Koperasi dan UKM Kota Bengkulu menghadirkan 3 orang juri penilai yang profesional dan menyiapkan hadiah uang tunai total Rp 12 juta bagi peserta yang terbagi dari tingkat TK, SD, SMP, dan umum/OPD.

Kriteria penilaian didasarkan pada kekompakan peserta, kesesuaian desain, warna, corak, tema yang diangkat, dan penampilan/atribut dari maskot.

Setelah menyaksikan pertunjukan drumband dari TK Pertiwi I, wawali Dedy Wahyudi melepas para peserta pada pukul 07.15 WIB. TK Rafflesia Hits Model, TK Aisyiah II, PAUD Patria Dharma, dan sekolah dasar lainnya berada di barisan depan.

Dalam sambutannya, Dedy menyatakan bahwa tujuan dari karnaval batik besurek ini adalah untuk mengajarkan anak-anak cinta terhadap budaya dan ciri khas daerahnya, terutama batik besurek. Pawai batik besurek ini telah digelar sejak tahun 2017 untuk mempromosikan dan mencintai batik besurek, yang merupakan budaya dan ciri khas Kota Bengkulu.

Karnaval batik besurek yang diadakan oleh Pemkota Bengkulu bekerja sama dengan BETv merupakan berkah bagi pedagang di Kota Bengkulu. Mereka dapat menghasilkan lebih banyak uang daripada hari-hari biasanya. Pedagang lainnya juga mengaku bahwa dagangan mereka laris manis di lokasi acara.(Wandi)

  • KENZO CELL

Berita Terkini