Skip to main content

Optimisme Puskesmas Curup Raih Akreditasi Paripurna

Foto bersama usai akreditasi Puskesmas Curup.
Foto bersama usai akreditasi Puskesmas Curup.

Penarafflesia.com - Kepala BLUD UPT Puskesmas Curup, dr. Rahmadianti, menyampaikan optimisme dalam meraih akreditasi paripurna dalam penilaian yang dilakukan oleh tim surveyor dari LPAPKP pada 4-6 Desember 2023. Sebelumnya, Puskesmas Curup telah meraih akreditasi dasar pada periode 2016-2019 dan akreditasi utama pada periode 2019-2022.

"Saya optimis Puskesmas Curup bisa meraih akreditasi paripurna. Kita berupaya memenuhi seluruh kriteria penilaian yang diinginkan tim surveyor, sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat," ungkap dr. Rahmadianti saat menyambut kunjungan tim surveyor yang terdiri dari dr. Yanrizal, SKM, MKes, dan dr. Ana Marlina.

Rapat koordinasi persiapan re-akreditasi ini dihadiri oleh Kadis Kesehatan Rejang Lebong, Rephi Meido Satria, SKM, Camat Curup, R. Gunawan Wibisono, dan seluruh top management Puskesmas. Rahmadianti menjelaskan bahwa Puskesmas Curup melayani penduduk sebanyak 33.942 jiwa dengan luas wilayah kerja mencapai 43,92 hektare, terdiri dari 11 kelurahan.

"Puskesmas Curup didukung oleh 43 PNS, 4 tenaga kontrak, dan 19 TKS, termasuk dua tenaga dokter. Kami memiliki dua pola layanan, baik di dalam gedung maupun di luar gedung, untuk memberikan pelayanan yang komprehensif kepada masyarakat," tutur Rahmadianti.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, Rephi Meido Satria, menekankan bahwa akreditasi adalah proses validasi dari segala aspek yang dimiliki Puskesmas. "Semoga akreditasi ini membawa manfaat dalam peningkatan mutu layanan Puskesmas ini," kata Rephi.

Tim surveyor akreditasi, dr. Yanrizal, menjelaskan bahwa penilaian akan dilakukan selama tiga hari, terkait kepatuhan dalam penerapan standar pelayanan.

"Kita akan menilai seberapa besar input, proses, dan output di Puskesmas ini. Akreditasi ini merupakan pengakuan atas mutu pelayanan yang diberikan," tambah Yanrizal. Tim akan mengevaluasi kepatuhan dan inovasi yang dilakukan Puskesmas untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

Pewarta : Jasin

Editor : Oki 

  • KENZO CELL

Berita Terkini

Berita Rekomendasi