Kemudahan Kartu Keanggotaan Perpustakaan Bagi Pemustaka

PENARAFFLESIA, BENGKULU - Dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu terus mengembangkan inovasi layanan yang bertujuan untuk memberikan kemudahan layanan dan meningkatkan minat baca masyarakat.

Salah satunya kemudahan yang diberikan untuk pemustaka yakni pengurusan kartu keanggotaan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Provinsi Bengkulu. Dimana pemustaka cukup menunjukkan identitas diri kepada petugas perpustakaan saat berkunjung ke perpustakaan daerah, dan nantinya akan segera dibuatkan kartu keanggotaan. Selain itu, bisa melakukan pendaftaran melaui layanan perpustakaan elektronik Provinsi Bengkulu dengan mengunjungi alam e-perpus Provinsi Bengkulu atau mendownload aplikasi APO BUEK (Aplikasi Orang Bengkulu e-Perpus Provinsi Bengkulu) di Play Store. 

"Tentunya layanan seperti ini menjadi salah satu pengembangan inovasi layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu," ungkap Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd, Selasa (6/12).

Ia menambahkan, inovasi-inovasi seperti ini diharapkan selalu tumbuh untuk memudahkan masyarakat Provinsi Bengkulu dalam memperoleh pelayanan. Terlebih melaui sinergi dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dan pihak terkait lainnya, optimalisasi layanan perpustakaan dapat diwujudkan. 

Sebagai contoh, untuk kartu keanggotaan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat Provinsi Bengkulu untuk mendapatkan akses layanan Perpusda Provinsi Bengkulu maupun nasional. Selain itu, kartu anggota perpustakaan ini diciptkan dengan berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk pengintegrasian data anggota perpustakaan. 

"Kita sudah mampu membangun kerjasama dengan Perpusnas dengan adanya kartu keanggotaan perpustakaan di Perpusda Provinsi Bengkulu. Keanggotaan perpustakaan ini memberikan perluasan akses peminjaman koleksi pada perpustakaan. Sehingga dengan kartu ini diharapkan minat baca masyarakat Bengkulu semakin meningkat," imbuh Meri Sasdi.(ADV)

  • HUT Provinsi Bengkulu
  • PMD
  • dana desa
  • inovasi

Berita Terkini