Skip to main content

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Ajak Umat Muslim Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Ajak Umat Muslim Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Ajak Umat Muslim Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ikut melaksanakan Sholat Isya dan Taraweh pada malam pertama bulan Ramadhan 1444 H di Masjid Raya Baitul Izzah, Kelurahan Padang Harapan Bengkulu (23/3).

Dalam acara tersebut, Gubernur Rohidin juga bertindak sebagai Khotib atau penceramah Sholat Taraweh.

Gubernur Rohidin mengingatkan dalam tausiyahnya bahwa puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam dan wajib bagi umat Muslim untuk melaksanakannya. 

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Ajak Umat Muslim Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan 1444 H

Kewajiban puasa bagi umat Islam tercantum dalam Al-Qur'an, Surah Al-Baqarah ayat 183-184.

Khotib Rohidin menjelaskan bahwa puasa di bulan Ramadhan bertujuan untuk melatih diri menahan hawa nafsu dan perbuatan yang dilarang agama. 

Selain itu, puasa juga berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan diri, baik secara batin maupun rohani, sehingga jasmani dan rohani kita menjadi sehat.

Dengan kondisi jasmani dan rohani yang sehat, seseorang akan lebih kuat dalam melaksanakan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. 

Gubernur Rohidin menggarisbawahi bahwa manusia yang paling mulia di sisi Allah adalah mereka yang paling bertaqwa, yaitu orang yang mampu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Setelah menjelaskan makna dan tujuan puasa, Gubernur Rohidin juga menekankan pentingnya menjaga kekhusyuan dalam menjalankan ibadah puasa.

Ia mengajak umat Muslim di Bengkulu untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah, baik secara individu maupun bersama masyarakat.

Gubernur Rohidin juga mengingatkan umat Muslim untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, serta saling membantu sesama yang membutuhkan, terutama di bulan Ramadhan. 

Ia mengajak masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial, seperti memberikan bantuan kepada fakir miskin, anak yatim, dan mereka yang kurang mampu.

Selain itu, Gubernur Rohidin juga berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan di bulan Ramadhan untuk memperbaiki hubungan dengan sesama dan menjaga kerukunan antar umat beragama. 

Hal ini penting agar masyarakat Bengkulu dapat hidup damai, sejahtera, dan harmonis dalam menjalankan ibadah puasa dan kegiatan sehari-hari.

Di akhir tausiyahnya, Gubernur Rohidin mengajak seluruh umat Muslim di Bengkulu untuk berdoa bersama agar diberikan kekuatan, kesehatan, dan keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan ini. 

Ia juga berharap agar semua amal ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan ini diterima oleh Allah SWT dan dapat menjadi bekal untuk kehidupan di dunia dan akhirat. (Adv)

Tags
  • KENZO CELL

Berita Terkini