Skip to main content

Dinas Kominfo Bengkulu Selatan Siap Ikut Berpartisipasi dan Mendukung Sensus Pertanian 2023

Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023, kegiatan di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (31/5/23).
Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023, kegiatan di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (31/5/23).

Penarafflesia.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Bengkulu Selatan siap untuk ikut berpartisipasi dan mendukung sensus pertanian 2023.

Hal tersebut di ungkapkan langsung oleh Kadis Kominfo BS Ir.Susmanto, M.M. menanggapi Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bengkulu Selatan yang telah melaksanakan kegiatan Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023, kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (31/5/23).

"Sensus Pertanian ini menjadi sensus pertanian ketujuh di Indonesia. Bersama Indonesia, tahun ini ada 17 negara lain yang juga akan melaksanakan sensus pertanian.Di Indonesia, pertanian memegang peran penting.Sektor Pertanian memberikan kontribusi sebesar 11,77 persen terhadap perekonomian Indonesia di Triwulan I 2023, terbesar keempat setelah sektor Industri Pengolahan, Perdagangan, dan Pertambangan," ungkap Susmanto.

Ia mengungkapkan , Tujuan pelaksanaan ST2023 adalah untuk menyediakan data struktur pertanian, terutama untuk unit- unit administrasi terkecil, menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dan menyediakan kerangka sampel untuk survei pertanian.

"Pelaksanaan ST 2023 diharapkan mampu memberikan gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian di Indonesia sampai wilayah terkecil. kegiatan sensus pertanian ini akan dimulai pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Kabupaten Bengkulu Selatan Mohammad Fathan Romdhoni, S.S.T.,M.Sc, mengatakan tujuan apel siaga ST 2023 tersebut untuk menggerakkan kesadaran, kesiapan dan komitmen jajaran petugas lapangan, pegawai BPS, dan masyarakat terhadap pelaksanaan ST 2023.


“ Kita akan memasuki tahap paling penting dalam ST 2023, yaitu pelaksanaan pencacahan lengkap, jadi saya minta seluruh jajaran BPS memberikan kontribusi maksimal dalam suksesnya pelaksanaan ST 2023. Kegiatan ini bukan hanya milik tim Agro atau milik Kedeputian Produksi. ST2023 adalah milik kita semua. Maka dari itu Mari kita kobarkan semangat untuk menyukseskan Sensus Pertanian 2023 ”, ucapnya. (Red/Adv)

Apel Siaga Sensus Pertanian (ST) 2023, di halaman kantor BPS Kabupaten Bengkulu Selatan, Rabu (31/5/23).

  • KENZO CELL

Berita Terkini