Skip to main content

Disparprov Bengkulu Rencanakan Pembangunan Auning untuk Pedagang di Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih

Kadis Murlin Hanizar.
Kadis Murlin Hanizar.

Penarafflesia.com - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu telah merencanakan pembangunan auning atau tempat berjualan bagi 76 pedagang di kawasan wisata Pantai Pasir Putih Kota Bengkulu. Langkah ini diambil untuk menata kawasan tersebut agar menjadi destinasi wisata yang lebih representatif dan unggulan di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, menjelaskan bahwa pembangunan ini merupakan instruksi langsung dari Gubernur untuk melakukan penataan kawasan Pantai Pasir Putih.

"Sesuai instruksi Pak Gubernur, kita telah melakukan pendataan terhadap 76 pedagang kuliner dan 16 pedagang buah-buahan yang beroperasi di kawasan Pantai Pasir Putih," ungkap Murlin.

Untuk pedagang kuliner, rencananya akan dibangun 24 unit bangunan oleh Balai Cipta Karya, sedangkan sisanya akan ditempatkan di auning yang akan dibangun secara sederhana. Sementara itu, untuk pedagang buah, akan dibangun tempat berjualan di sebelah kanan jalan masuk dari simpang Jenggalu menuju Pantai Pasir Putih.

"Pembangunan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik bagi pedagang dan juga meningkatkan kenyamanan pengunjung kawasan wisata," tambah Murlin.

adv

Pematokan lahan untuk pembangunan auning sudah dilakukan, dan anggaran sekitar Rp 600 juta telah disiapkan untuk proyek ini. Murlin juga menegaskan bahwa pihaknya telah memiliki data lengkap mengenai pedagang yang beroperasi di kawasan Pantai Pasir Putih, sehingga pembangunan dapat dilakukan dengan lebih efisien dan terencana.

"Gubernur telah menugaskan kami untuk melakukan pembangunan tempat berjualan bagi pedagang buah. Nantinya, tempat ini akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai agar menciptakan ciri khas tersendiri bagi kawasan Pasir Putih," kata Murlin.

Pembangunan ini diharapkan dapat segera dimulai setelah proses lelang selesai, sehingga para pedagang dapat segera menikmati fasilitas yang lebih baik dan pengunjung dapat merasakan pengalaman wisata yang lebih memuaskan di Pantai Pasir Putih.

Dengan adanya pembangunan ini, diharapkan Pantai Pasir Putih akan menjadi destinasi wisata yang lebih menarik dan nyaman, serta mampu menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Bengkulu. (Adv)

  • KENZO CELL

Berita Terkini