Skip to main content

Dispar Provinsi Bengkulu Instruksikan Penjualan Produk Khas di Kawasan Wisata Pantai Panjang

Pantai Panjang Bengkulu.
Pantai Panjang Bengkulu.


Penarafflesia.com - Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menginstruksikan para pedagang pakaian dan souvenir di kawasan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu untuk menjual produk khas yang mencerminkan ikon Bengkulu. Selama ini, produk yang dijual di kawasan tersebut tidak memiliki kekhasan dan bisa ditemukan di mana saja.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar, menyatakan bahwa pedagang pakaian di sepanjang jalan pariwisata Pantai Panjang diminta untuk menjual kaos dan pakaian lainnya yang bergambar ikon-ikon khas Bengkulu. 
"Para pedagang pakaian di pinggiran jalan pariwisata itu diminta untuk menjual kaos maupun pakaian lainnya dengan gambar ikon Bengkulu, misalnya Benteng Marlborough, Tugu Thomas Parr, Bunga Rafflesia, dan ciri khas lainnya," kata Murlin.

adv

Selain itu, souvenir yang dijual juga harus mencirikan kekhasan Bengkulu. "Begitu juga dengan souvenir yang dijual juga mencirikan kekhasan Bengkulu," tambah Murlin. 

Dengan demikian, produk yang dijual akan berfungsi sebagai promosi yang memperkenalkan kekhasan daerah Bengkulu kepada wisatawan dari luar daerah.

Untuk mendukung upaya ini, Pemerintah Daerah juga akan melakukan penataan terhadap para pedagang sesuai dengan produk yang mereka jual. Pedagang pakaian akan ditempatkan pada zona 2 atau zona 3 yang berada di sekitaran belakang Bencoolen Mall menuju pos Polisi, atau sekitar 8 meter dari pinggir jalan.

Para pedagang tersebut sudah menyatakan kesanggupannya untuk dilakukan penataan. "Mereka menyanggupi untuk membangun sendiri auningnya," ujar Murlin.

Dengan langkah ini, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu berharap dapat meningkatkan daya tarik wisata Pantai Panjang serta memperkenalkan budaya dan kekhasan Bengkulu kepada para wisatawan. (Adv)

  • KENZO CELL

Berita Terkini