Skip to main content

Dahsyat, Ini Lima Manfaat Konsumsi Mentimun Bagi Kesehatan

manfaat timun
manfaat timun

 

Penarafflesia- Buah mentimun dipercaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis buah ini mengandung nutrisi, sangat rendah kalori dan juga mengandung banyak air dan serat.

Mentimun biasanya diolah bersama dengan bahan-bahan lain seperti saus salad atau dressing yang mungkin mengandung lemak dan gula yang tinggi. Jadi sebaiknya pilih mentimun yang segar.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (12/3/2023), berikut manfaat makan mentimun bagi kesehatan tubuh.

1. Menghidrasi Tubuh

Buah mentimun mengandung sekitar 95% air, sehingga manfaat buah mentimun dapat membantu menghidrasi tubuh. Selain itu, mengonsumsi buah mentimun sebagai camilan dapat menjadi alternatif sehat untuk menghindari minuman yang mengandung gula atau kalori tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Mata
Mentimun mengandung zat lutein dan zeaxanthin yang membantu mencegah kerusakan pada retina dan mencegah munculnya katarak. Zat-zat tersebut membantu menyerap cahaya biru yang dapat merusak retina pada mata.

3. Menjaga Tekanan Darah
Mentimun mengandung kalium, yang membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kalium membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Mentimun mengandung serat yang membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Serat pada mentimun membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, mentimun juga mengandung senyawa cucurbitacin yang membantu mencegah kanker usus.

5. Menjaga Fungsi Ginjal
Buah mentimun mengandung senyawa potasium, magnesium, dan fiber yang dapat membantu mengurangi risiko terkena batu ginjal.

Kandungan potasium membuat manfaat buah mentimun juga dapat membantu menyeimbangkan kadar elektrolit dalam tubuh dan membantu mengatur tekanan darah. **
 

  • KENZO CELL

Berita Terkini

Berita Rekomendasi