Skip to main content

Seluruh OPD di Bengkulu Selatan Dituntut Dukung Sistem Satu Data

Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan, Sukarni.
Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan, Sukarni.

Penarafflesia.com - Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan dituntut untuk mendukung penuh penyelenggaraan sistem Satu Data Indonesia (SDI) di wilayahnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkulu Selatan, Sukarni, menegaskan bahwa komitmen dan kerjasama dari seluruh OPD sangatlah penting untuk mewujudkan portal Satu Data yang menyediakan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Diluncurkannya portal Satu Data Bengkulu Selatan ini membutuhkan peran aktif dari seluruh OPD. Sebagai organisasi pemerintahan, tentu output yang dihasilkan adalah data," ujar Sukarni, Sabtu (11/5/2024).

Sukarni menjelaskan bahwa tujuan utama Satu Data adalah untuk memudahkan pengumpulan dan pengintegrasian data. Ia berharap dengan terwujudnya Satu Data di Bengkulu Selatan, akan tercipta keterpaduan data antar instansi dan memudahkan penyusunan rencana pembangunan ke depan, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

SDi

Lebih lanjut, Sukarni menekankan pentingnya keterbukaan dan transparansi data sebagai upaya untuk menciptakan perencanaan dan kebijakan pembangunan yang berbasis data, dengan tetap menjaga kerahasiaan data pribadi agar tidak disalahgunakan.

"Untuk mencapai program dan perencanaan kebijakan yang tepat sasaran, diperlukan data yang valid. Oleh karena itu, dibentuk Satu Data Indonesia (SDI) agar dapat mewujudkan ketersediaan data yang mudah diakses, tersinkronisasi, dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," jelas Sukarni.

Sukarni pun meminta seluruh OPD untuk mendukung penuh Forum Satu Data Indonesia sebagai wadah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dalam menyelesaikan permasalahan penyelenggaraan pembangunan. (Adv)

Tags
  • KENZO CELL

Berita Terkini