Paralegal Hasilkan Penilaian Akademis Putusan Soal PLTU Bengkulu

Bengkulu, – Komunitas Paralegal menggelar acara forum akademis pada Sabtu, 21-8-2021. Acara kali ini diadakan guna mengkaji secara akademis putusan PTUN Nomor 112/LH/G/2019/PTUN.BKL. Dimana putusan kali menghasilkan penolakan terhadap gugatan mengenai PLTU Bengkulu.

Acara forum akademis ini menggunakan metode eksamninasi untuk mengkaji putusan tersebut. Proses pengujian Eksamninasi pun langsung dilakukan oleh akademisi Universitas di Bengkulu. Selain itu ada pandangan Keynote Speaker dari Eks Dosen Filsafat UI Rocky Gerung.

” Ada kesalahan berpikir dari seorang hakim dalam memutuskan permasalahan ini. Yakni AMDAL dipergunakan untuk membiarkan perusakan alam seharusnya untuk menghalangi pengrusakan alam”, Papar Rocky Gerung via Zoom Meeting.

Kekeliruan juga disampaikan tim penguji yang merupakan akademisi dari universitas. Dimana semua tim penguji menilai kekeliruan secara teoritis hukum. Sehingga moderator acara Sudi Sillalahi menyimpulkan kalau hasil forum akademis eksaminasi ini bisa disimpulkan masing-masing peserta sebagai bentuk kemerdekaan berpikir.

“Penilaian melalui Eksamanisai kali ini menunjukkan banyak kekurangan sehingga hasil dari eksamninasi kali ini, Silakan disimpulkan masing-masing sebagai bentuk kemerdekaan berpikir”, Jelas Sudi S. Simarmata selaku moderator.

Acara forum akademis kali menghadirkan akademisi Hukum Universitas Muhammadiyah Bengkulu J. T Pareke, Akademisi Hukum Universitas Bengkulu, Edra Seftiadi, Akademisi Muda Putra dan Akademisi Perempuan Sonia. Selain itu turut hadir dalam acara forum akademis ini Kelompok Pegiat Profesional, Rekan Rekan Media, dan Kelompok Organisasi Mahasiswa. Acara forum akademis ini berjalan lancar sesuai agenda yang disusun oleh Paralegal selaku penyelenggara. (*)