Ditemukan Masyarakat, Benda Prasejarah Tersimpan di Desa Suro Muncar

Kepahiang – Ditemukan oleh masyarakat setempat pada 2015 lalu, situs bersejarah (makam-Red) di desa Suro Muncar kecamatan Ujan Mas dilakukan penggalian oleh Tim Balai Arkeolog Sumatera Selatan.

Disampaikan Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kabupaten Kepahiang, Vivi Herianti Setelah melalui proses dan pengkajian barulah ekskavasi bisa dilakukan.

“Awalnya ditemukan oleh masyarakat setempat pada tahun 2015 saat pemilik lahan melakukan pendoseran untuk cetak sawah baru, kemudian masyarakat melaporkan kepada kami (Dikbud-Red), setelah itu baru kita tindaklanjuti ke Balar untuk dilakukan kajian dan penelitian,” Ucap Vivi Herianti, Kabid Kebudayaan Dikbud Kabupaten Kepahiang. Kamis (5/8)

Lanjut Vivi, Penggalian sudah dilakukan pada tanggal 21 Juli sampai 2 Agustus dan tanggal 3 kemarin pihaknya sudah melakukan sosialisasi.

“Sudah diteliti oleh Balai Archaeology dari Palembang, sampai kamarin sudah beberapa peneliti Archaeology yang datang diantaranya Peneliti UDAYANA Bali, Universitas Negeri Jambi dan pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya. Dari hasil yang didapatkan terdapat benda prasejarah yang diyakini berusia sekitar 600-1000 tahun lalu dan kemarin (Rabu-Red) kita melakukan penguburan kembali,” sampai Vivi

Lanjutnya, Dirinya berharap kedepan kabupaten Kepahiang bisa memiliki museum sendiri untuk menyimpan benda-benda bersejarah.

“Tentunya kita berharap agar benda-benda bersejarah ini dapat diabadikan tentu halnya kita harus memiliki museum sendiri namun saat ini kita belum mampu di anggaran, jika memadai kita akan melakukan rekonstruksi pada benda-benda yang sudah usang ini,” Cetus Vivi.