Disomasi Tak Memenuhi Janji, Asnawi Katakan Tim R2 Tidak Ada Pembebanan Pihak Manapun

Bengkulu – Beberapa pemberitaan media tentang Gubernur Rohidin Mersyah disomasi, karena dianggap tak lunasi janji menuai tanggapan dari Ketua Harian Tim Pemenangan R2 Drs H Asnawi A Lamat MSi.

Dalam pemberitaan tersebut, dijelaskan bahwa Kantor Hukum Hady Chaniago & Partner melayangkan somasi pada Gubernur Rohidin Mersyah. Somasi ini dikirimkan atas kuasa dari Oktarman Mi’as selaku Sekretaris Relawan Keluarga Bersama Bengkulu Maju (RKBBM) dan Rindang Arga Putra selaku pendana kegiatan.

Ketua Harian Tim Pemenangan R2 Drs H Asnawi A Lamat MSi pada Sabtu (11/09/2021) menjelaskan bahwa pihaknya selama rangkaian Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu tidak ada melakukan pembebanan pada pihak manapun.

Dalam penegasan tersebut dijelaskan bahwa Anggaran Tim R2 sepenuhnya ditanggungjawabi oleh Kandidat serta tidak ada janji, tidak mengetahui serta menyetujui adanya pihak-pihak terkait melakukan hal yang dimaksud pada somasi.

“Tim yg kt bentuk secara resmi sj tdk ada pembebanan biaya apapun, semau program dan anggaran biaya sepenuhnya ditanggungjawabi oleh kandidat,” tulis Asnawi melalui pesan WhatsApp Pribadinya kepada Wartawan.

“Kt tdk ada janji kepihak manapun dan tdk perna mengetahui apalagi menyetujui adanya pihak yg melakukan hal2 spt yg disampaikan ini,” tutupnya. (RR)

Berikut poin-poin dalam somasi sebagai berikut :

1. Bahwa pada saat masa kampanye pemilihan Kepala Daerah Provinsi Bengkulu periode 2020-2024 Bapak Rohidin Mersyah membentuk Tim Relawan Keluarga untuk Pemenangan Pasangan calon Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah.

2. Bahwa dalam pelaksanaan kampanye, Tim Relawan Keluarga untuk pemenangan Pasangan calon Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah telah melaksanakan tugas sebagaimana yang telah diperintahkan.

3. Bahwa selama proses kampanye Tim Relawan Keluarga telah mengeluarkan biaya pribadi untuk biaya operasional pembelian suvenir dan atribut biaya kampanye atau sosialisasi ke masyarakat Kabupaten Bengkulu Utara sebesar 70 juta rupiah.

4. Bahwa tim relawan keluarga juga telah mengeluarkan biaya untuk pergerakan tim di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu seperti jamuan makan/minum selama lebih kurang 8 bulan sampai dengan hari Pemilihan Kepala Daerah tanggal 9 Desember 2020 sebesar 80 juta.

5. Bahwa total biaya/dana yang telah dikeluarkan tim relawan keluarga pemenangan Pasangan calon Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah sebesar  Rp.150 juta.

6. Bahwa dengan adanya perihal tersebut diatas Bapak rohidin mersyah telah menyatakan akan mengganti biaya atau dana yang telah dikeluarkan tim relawan keluarga melalui musyawarah yang akan dilakukan bersama klien kami Oktarman Mi’as

7. Bahwa hingga somasi ini kami buat bapak rohidin mersyah tidak juga memberikan ganti kerugian terhadap klien kami Oktarman Mi’as dan Rindang Arga Putra sebesar 150 Juta.

8. Bahwa untuk menyelesaikan perkara ini kami harap bapak rohidin mersyah agar dapat meluangkan waktunya untuk musyawarah atau mediasi secara kekeluargaan dengan klien kami pada hari Minggu tanggal 12 September 2021

9. Bahwa permintaan kami pada poin 8 diatas adalah merupakan permintaan yang sah dan patut, dan kami harap bapak rohidin mersyah bisa memakluminya.

10. Bahwa jika tidak ada penyelesaian dalam perkara ini maka kami akan memproses lebih lanjut ke ranah hukum.