Dikbud: Sekolah Tidak Perna Menahan Ijazah

KAdis Dikbud Provinsi Bengkulu Eri Yulian Hidayat

Bengkulu – Beredarnya pemberitaan mengenai Penahanan ijazah, langsung ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, Eri Yulian Hidayat bahwa itu tidak benar.

Melainkan, sambung Eri, ijazah tersebut belum diambil siswa yang bersangkutan karena beberapa persyaratan ada yang belum dipenuhi oleh siswa. Administrasi yang belum dipenuhi siswa tersebut belum dilunasi, pas Photo juga belum diberikan kepada pihak sekolah, belum cap tiga jari, buku dan yang lainya belum dikembalikan.

“Perlu kita luruskan, sekolah tidak perna menahan ijazah,” tegas Eri.

Dijelaskan Kepala Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu, setiap pengambilan ijazah ada mekanismenya, serta ada prosedur sudah dari dulu, untuk melengkapi dan melunasi adminstrasi.

“Sekolah wajr melaukukan itu, karena bagaina sekolah bisa berkomunikasi dengan siswa tersebut kalau tidak ada jamninan dan memenuhi kewajiban,” tambahnya.

Sambungnya, ijazah belum diterima siswa disebabkan karena siswa tersebut belum membayar tunggakan biaya komite dan administrasi lainnya.Kesanggupan orang tua membayar uang komite dan kesepakatan antara wali siswa dengan sekolah saat rapat komite diawal sejak siswa bersekolah. (Adv)