Di Masa Pandemi, Pemkab Mukomuko Beli Mobil Dinas Rp 3 Miliar

Ilustrasi

Mukomuko – Pembelian 5 (lima) Unit mobil dinas baru pada tahun 2021 ini, Pemkab Mukomuko mendapat sorotan tajam dari berbagai kalangan. Pembelian Mobil dinas seharga hampir Rp 3 Miliar tersebut dinilai tidak peka terhadap kesulitan masyarakat saat ini.

Pandemi Covid-19 yang masih terjadi, seharusnya Pemerintah Kabupaten Mukomuko lebih fokus dan mengutamakan penanggulangan Covid 19. Pengadaan 5 Unit mobil kendaraan dinas dinilai terlalu memaksa, apalagi kini giatnya pemerintah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19.

Kelima mobil dinas tersebut sudah digunakan selama hampir enam bulan terakhir, dengan pagu anggaran APBD yang dinaikkan oleh pemerintahan sebelumnya dan telah melewati persetujuan DPRD Kabupaten Mukomuko. Total anggaran pembelian Lima unit mobil yang telah disetujui hampir sebesar Rp3 Miliar.

Dana tersebut dihabiskan sekitar Lebih kurang Rp 3 Miliar untuk pembelian mobil Toyota Fortunner 2 unit, mobil Toyota Hillux 2 unit, dan mobil Toyota Inova 1 unit sebagai kendaraan operasional di Pemkab Mukomuko dengan anggaran APBD 2021.

Kepada Wartawan penarafflesia, Rabu (8/9/2021) Salman Ketua LSM Lira Kabupaten Mukomuko mengungkapkan pembelian 5 unit Mobil Dinas baru tersebut terlalu memaksa, seharusnya sekarang ini pemerintah harus giatnya untuk memutuskan rantai covid-19.

“Sekarang ini masa-masa pandemi dengan menurunnya ekonomi masyarakat. Pembelian mobil dinas waktunya yang tidak tepat. Mobil dinas Kabupaten Mukomuko sudah banyak dan cukup oprasional OPD,” terang Salman.

Salman menambahkan, seharusnya anggaran itu dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat serta untuk perawatan mobil dinas yang telah ada. Karena banyak hal yang lebih penting untuk masyarakat dan infratruktur yang perlu dibangun.

“Apalagi pengadaan lima unit mobil dinas baru itu juga bukan kebutuhan yang mendesak ditengah pandemi covid 19 saat ini. Saya menyayangkan kepada Pemkab Mukomuko, seharusnya Pemkab bisa melakukan refocusing anggaran tersebut untuk penanganan Covid-19. Dengan harapan kita dari masyarakat Mukomuko, agar membangun daerah ini sesuai visi dan misinya, sehingga mencapai perubahan yang dinikmati oleh masyarakat Mukomuko,” tutupnya. (Dnex)