Skip to main content

Desa Batu Ampar Kedurang Gelar Festival Makan Beantagh

Sekda buka Festival Makan Beantagh.
Sekda buka Festival Makan Beantagh.

Penarafflesia.com - Desa Batu Ampar Kedurang merayakan kekayaan budaya dengan menggelar Festival Makan Beantagh, sebuah upaya untuk menghidupkan kembali tradisi lama yang mulai terlupakan.

Makan Beantagh, sebuah ritual makan bersama di panggung atau belabar, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Bengkulu Selatan. Namun, saat ini, praktik ini sudah sangat jarang terlihat, tergantikan oleh sajian Prasmanan yang lebih praktis dalam acara-acara pernikahan.

Sekretaris Daerah Bengkulu Selatan, Sukarni, S.P., M.Si, hadir pada pembukaan acara dengan senang hati dan mengapresiasi langkah yang diambil oleh Pemerintah Desa Batu Ampar.

"Festival Makan Beantagh ini sangat bernilai positif karena membawa kembali keberkahan tradisi lama yang sudah mulai pudar. Ini juga menjadi kesempatan emas untuk mempromosikan potensi wisata budaya kita," ujar beliau.

Adv

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, seperti Ketua Tim Penggerak PKK Bengkulu Selatan, Nurmalena Gusnan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Bengkulu Selatan, Sesmi Sukarni, serta pejabat dan tokoh adat Kedurang. Mereka semua menyambut hangat upaya melestarikan tradisi dan kearifan lokal ini.

Tidak hanya merayakan Makan Beantagh, festival ini juga memamerkan kekayaan kerajinan dan kuliner khas Bengkulu Selatan. Stand-stand pameran dipenuhi dengan kerajinan tangan lokal yang unik, sementara aroma sajian kuliner tradisional memikat selera pengunjung.

Dengan semangat untuk menyelamatkan warisan budaya yang berharga, Festival Makan Beantagh di Desa Batu Ampar Kedurang diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin merasakan keindahan dan keberagaman budaya Bengkulu Selatan. (Adv)

Tags
  • KENZO CELL

Berita Terkini