Bupati Mian dan Dirjen PSLB3 Sambang Warga di Kecamatan Giri Mulya

Bengkulu Utara - Setelah mengikuti serangkaian kegiatan di Alun-alun Kota Arga Makmur Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Ibu Rosa Vivien Ratnawati berserta rombongan, Sabtu (8/2/2020), siang. Bertolak ke Kecamatan Giri Mulya mengikuti kegiatan sambang warga.

Dikesempatan itu, Dirjen PSLB3 Kemen LHK RI, Rosa Vivien Ratnawati mengajak seluruh elemen masyarakat agar dapat mewujudkan Bengkulu Utara yang bebas sampah dengan pengelolaan yang baik.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Bengkulu Utara. Ayo kita mulai wujudkan Bengkulu Utara bebas sampah dengan gerakan memilah dan memilih sampah dari rumah,” ajaknya.

Ia juga menghimbau masyarakat, khususnya generasi milenial untuk mulai membiasakan, memilah dan memilih sampah dari rumah.

Untuk itu, pilah sampah merupakan langkah awal untuk mengedukasi masyarakat bahwa pentingnya memilah sampah mulai dengan hal yang sederhana.

Yakni gerakan yang dimulai dalam sebuah lingkungan rumah tangga. Sebab, masalah sampah masih menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah pusat, daerah maupun masalah kesehatan bagi masyarakat.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian LHK akan terus masifkan gerakan ini ke seluruh pelosok negeri.

“Dengan adanya gerakan ini, diharapkan kita dapat mengurangi sampah dan mengelolanya menjadi sesuatu yang bermanfaat,”tuturnya

Sebelumnya hal senada juga disampaikan oleh Bupati Bengkulu Utara Ir.H.Mian Ia mengajak masyarakat dan pemuda untuk menjadi pioner memilah sampah dari rumah, melaksanakan jumat bersih dan gerakan bawa botol minuman agar tetap menjadi laskar yang mengedepankan kesadaran terhadap sampah.

“Mari kita tanamkan kesadaran untuk mulai memilah sampah dari rumah,” ajak Bupati Mian kepada ratusan warga yang memadati halaman kantor kecamatan tersebut.

Bupati Mian sangat mengapresiasi gerakan “Pilah Sampah dari Rumah” yang sedang diperkuat oleh Kementerian LHK RI.

Mengingat saat ini pemerintah tak pernah lelah mengkampanyekan program jumat bersih di setiap dusun, desa, kecamatan hingga di seluruh wilayah Kabupaten Bengkulu Utara

Sehingga gerakan tersebut, diharapkannya dapat saling bersinergi agar masalah sampah dapat diatasi. Termasuk kebijakan untuk mengelolanya menjadi sumber daya yang bernilai ekonomi bagi masyarakat.

Disampaikan Bupati Mian juga, melalui program bapak Kementerian PUPR tahun ini sepanjang 12 KM srpanjang jalan Giri Mulya – Ketahun akan di Hotmix.

Kegiatan sambang warga tersebut, Dirjen PSLB3 di dampingi Bupati Mian turut melaksanakan pelantikan dan pengukuhan kepada pengurus Paguyuban Masyarakat Jawa Bengkulu (PMJB) Periode 2020 – 2025 di halaman Kecamatan Giri Mulya.

Berita Terkini