Bangkitkan Pergerakan Pemuda, KNPI Kota dan BEM Serta Mapala STIA Berkolaborasi

Kota Bengkulu – Dalam upaya mempromosikan kampus, kemudian ikut membangkitkan kembali pergerakan pemuda di Bengkulu. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) serta Mapala STIA Bengkulu melakukan silaturahmi ke sekretariat DPD KNPI Kota Bengkulu, (27/8/2021).

Dalam silaturahmi itu, rombongan BEM dan Mapala didampingi langsung dosen yang juga pembina bidang pemuda STIA Bengkulu Bima Hudari mengatakan, kedatangan mereka ke sekretariat juga dalam rangka menjalin hubungan serta mendukung peran aktif mahasiswa terhadap organisasi KNPI.

“Hari ini, kami datang bersama dengan BEM dan Mapala. Kita dari STIA mempunyai beberapa program kepemudaan seperti ekspedisi Merah Putih yang mana pada 17 Agustus lalu. Kami bersama anggota DPR RI Ibu Hj. Dewi Coryati akan melaksanakan perjalanan mendaki Bukit Hitam dari Kabawetan Kepahiang dalam rangka memperingati 76 Tahun NKRI. Namun karena kondisi alam dan cuaca yang belum memungkinkan, meskipun persiapan sudah matang,” jelas Bima.

Sambungnya, “Ekspedisi yang kita lakukan belum sampai ke Bukit Hitam. Namun kita tetap melaksanakan upacara kemerdekaan di Kepahiang. Dimana kegiatan ekspedisi Merah Putih ini, kita juga terinspirasi dengan kegiatan Bentang Merah Putih Raksasa yang berhasil dilaksanakan oleh KNPI Kota Bengkulu,” ungkap Bima saat menyampaikan pengantar sambutan silaturahmi, Jumat (27/8).

Ditengah kondisi dualisme dan polemik KNPI yang ada. Dimana jika berkaca pada jaman dahulu, Bima menyampaikan bahwa KNPI merupakan sebuah organisasi wadah berkumpulnya OKP yang sangat hebat dan disegani.

Melihat mulai bangkitnya dan eksistensi DPD KNPI Kota Bengkulu dibawah kepemimpinan Plt Ketua Iwan Supratman, yang notabene alumni STIA Bengkulu. Maka BEM dan Mapala berharap kedepan terjalin sinergi dan hubungan yang baik antara pemuda STIA dengan KNPI.

“Kedepan kita sudah merencanakan beberapa program seperti ikut membina desa atau kawasan wisata, menjaga kebersihan daerah yang intinya BEM dan Mapala STIA siap ikut membangun serta mendukung program pembangunan daerah. Kita mengharapkan kerjasama, kolaborasi, baik masukan dan saran dari KNPI kedepan,” terang Bima.

Kemudian, seperti disampaikan Plt Ketua DPD KNPI Kota tadi, dimana beliau mencetuskan program pelatihan menulis jurnalistik untuk BEM maupun Mapala STIA. Ini menurut saya sangat baik dan kita harapkan setelah DPD KNPI Kota Musda kemudian terpilih Ketua definitif, KNPI bisa segera berkolaborasi dengan BEM dan Mapala STIA,” pungkas Bima yang merupakan sosok pemuda Bengkulu yang peduli lingkungan dengan komunitas ploggernya.

Kemudian dari Ketua BEM STIA, Naufal juga menyampaikan tujuan mereka bersilaturahmi selain bersinergi dengan KNPI, mereka ingin mengajak KNPI ikut berperan serta dalam program ekspedisi Merah Putih yang mereka laksanakan, “Kita berharap kolaborasi, dan partisipasi dari KNPI bersama BEM serta Mapala STIA kedepannya,” tambah Naufal.

Menyikapi kedatangan rombongan BEM dan Mapala STIA. Plt Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu Supratman S.Sos, M.Si atau akrab dipanggil Iwan menyampaikan apresiasinya atas kunjungan tersebut.

Dimana dengan silaturahmi yang dibangun, secara tidak langsung ikut memberi dukungan kepada KNPI Kota dalam upaya menjadi wadah berhimpunnya OKP di Kota Bengkulu.

“Kami dari DPD KNPI Kota Bengkulu mengapresiasi kunjungan dari BEM, Mapala dan Dosen STIA Bang Bima. Dimana sebelum ini juga beberapa organisasi pemuda juga sudah melakukan silaturahmi ke sekretariat KNPI Kota. Kemudian Kedepan, kami sangat mendukung program kepemudaan yang telah disusun oleh STIA,” terang Iwan.

“KNPI Kota Bengkulu siap bersinergi, siap berpartisipasi   bersama-sama dalam seluruh kegiatan positif untuk ikut membangun daerah. Namun yang perlu saya tekankan. Saat ini, kita masih berada ditengah wabah pandemi Covid-19, kita masih PPKM. Untuk itu hendaknya kita sama-sama mematuhi Prokes dan menyukseskan PPKM. Kemudian untuk setiap kegiatan penting adek-adek BEM dan Mapala ketahui, kita wajib berkoordinasi serta meminta izin rekomendasi kegiatan dari Satgas Covid-19 dan izin dari pihak aparat penegak hukum agar kegiatan yang dilaksanakan tidak melanggar aturan yang berlaku,” pesan Iwan.

Dalam waktu dekat DPD KNPI Kota Bengkulu mempunyai dua program yaitu Rapim serta Musda dimana untuk dua agenda ini, KNPI tentu butuh support dan dukungan pemuda.

Iwan juga berharap partisipasi dari adek-adek bersama menyukseskan Rapim dan Musda KNPI Kota. Kemudian setelah nanti terpilih Ketua Definitif serta seiring pulihnya kondisi kehidupan ditengah Covid-19. Karena hampir 40 persen pemuda pengurus dan anggota KNPI Kota Bengkulu saat ini mempunyai latar belakang wartawan. Maka setelah Musda nanti, bisa kita programkan pelatihan menulis jurnalistik untuk adek-adek BEM dan Mapala.

“Sebab menulis itu penting, serta menjadi bagian penting untuk kita mempromosikan kampus atau yang lainnya. Kami akan bantu memberikan pemahaman jurnalistik, yang baik agar dalam menyebarkan informasi pemuda tidak terjebak hoax, yang bisa sangat fatal ketika seseorang menjadi penyebar informasi hoax sebab dalam Undang Undang IT, sanksinya jelas dapat dihukum pidana maksimal 4 tahun kurungan penjara jika menjadi penyebar kebencian dan hoax,” pungkas Plt Ketua DPD KNPI Kota Bengkulu yang juga merupakan wartawan tersebut. (**)