Tingkatkan PAD, Dediyanto: Sarankan Bapenda Berinovasi

PENA RAFFLESIA – Wakil Ketua Komisi lll DPRD Kota Bengkulu Dediyanto,S.Pt, M.A.P mendorong Badan Pendapatan Asli Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu untuk berinovasi dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

dikatakanya, Dediyanto mengusulkan agar ada Tim Khusus (Timsus) untuk melakukan penagihan dengan pendekatan secara humanis dan persuasif. Karena apabila ini dilakukan pasti akan ada serapan dana dari sektor lainnya. Selain itu, Bapenda juga harus melakukan identifikasi secara cermat di beberapa wilayah-wilayah pasar seperti jumlah kios, titik parkir dan ruko,”Sampai Dediyanto.Senin (6/9/2021).

“Karena di angka-angka ini ada yang tidak melakukan pembayaran. Hal seperti ini tentunya harus didatangi dengan diberi sanksi seperti dilarang untuk berada diauning tersebut apabila auningnya tidak diberdayakan dan tidak melakukan pembayaran serta memberikan penghargaan bagi yang membayar,” kata Dediyanto.

lanjut Disisi lain, Bapenda harus melakukan terobosan-terobosan inovasi sumber PAD yang lain, misalnya kontribusi Pelindo di Pulau Baai terhadap Kota Bengkulu.

“Kami (Dewan) meminta kepada Bapenda untuk melakukan studi tiru di tempat-tempat daerah yang ada Pelindo. Kalau di daerah lain bisa dilakukan retribusi PAD kenapa ditempat kita tidak,” ujar Dediyanto.

masih Sambungnya, disitu pasti ada komoditi yang masuk ke pelabuhan dari kabupaten ataupun provinsi tetangga yang melintasi jalur kota, terlebih lagi pelabuhannya memang berada di Kota Bengkulu.

“Kita meyakini ada kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor pelabuhan. Makanya kita mendorong Bapenda untuk inovatif dan kreatif serta jangan ragu untuk berkomunikasi dengan mitra komisi agar bisa sama-sama ke lapangan,” ungkap Dediyanto.

Dediyanto menambahkan, terkait permasalahan regulasi, sudah disampaikan di dalam rapat Banggar dan Komisi lll DPRD Kota Bengkulu,“tutupnya. (ADV)