Tengah Malam, Dedy Razia Pembuang Sampah di Jalan Hibrida

Kota Bengkulu – Menunjukkan komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Bengkulu dalam menangani masalah sampah, Senin malam (22/3/2021) hingga Selasa dini hari wakil walikota Bengkulu Dedy Wahyudi razia pembuang sampah di sepanjang jalan dua jalur Hibrida Kelurahan Sidomulyo.

Dedy melakukan razia bersama Satpol PP, dinas lingkungan hidup, camat dan lurah menggunakan mobil patroli. Di sepanjang jalan, Dedy menyampaikan himbauan kepada warga dan pengendara menggunakan pengeras suara untuk tidak membuang sampah di median jalan Hibrida.

Ada beberapa pengendara yang terjaring razia dan langsung ditindak tegas untuk kemudian diberikan sanksi hukuman yang telah diatur dalam perda nomor 2 tahun 20119 yakni melalui proses sidang tindak pidana ringan (tipiring).

“Banyak yang tertangkap dan langsung kita tindak, langsung tipiring. Ini menjadi pelajaran bagi masyarakat yang lain mohon sama-sama kita jaga kebersihan dan janganlah lagi membuang sampah sembarangan. Seperti di median jalan Hibrida ini sering sekali orang buang sampah di sini,” ujar Dedy.

Dikatakan Dedy, sengaja ia bersama Satpol PP, DLH, camat dan lurah turun razia malam hari karena informasinya banyak warga yang membuang sampah di median jalan Hibrida pada malam hari.

“Jangan buang di media jalan, kalau bingung mau buang sampah dimana, silahkan ikut iuran di tingkat RT masing masing. Karena masing-masing RT sudah diinstruksikan lurah dan camat agar tiap RT punya pengelolaan sampah.

Dedy minta pengertiannya dari masyarakat agar mulai sekarang harus tertib dalam mengelola sampah.

“Tadi saya langsung keliling dan saya sudah umumkan langsung dengan pengeras suara. Ini menandakan keseriusan kita. Walikota, wawali, DLH, camat, lurah sudah komitmen. Di median jalan ini nanti akan kami tanami bunga-bunga semoga mereka tersentuh tidak membuang sampah di dekat bunga-bunga itu,” sampai Dedy.

Camat Selebar, Sehmi yang juga ikut dalam kegiatan razia malam itu juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga se-Kecamatan Selebar untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan. Sebab bila ketahuan atau tertangkap, maka dipastikan orang yang bersangkutan akan ditindak tegas.

“Masyarakat untuk tetap tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian di setiap rumah wajib ada kotak sampah dan berlanggananlah kepada pengendali sampah di RT nya masing-masing. Ingat, untuk pembuang sampah sembarangan kita sudah ada perda nomor 2 tahun 2011. Kita akan tindak tegas tidak pandang bulu,” demikian Sehmi.