Tahapan Dimulai, Namun Anggaran Bantuan Keuangan Pilkades Tidak Jelas

Mukomuko – Meski tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Mukomuko sudah berjalan, namun hingga saat ini anggaran yang dialokasikan untuk pelaksanaan Pilkades belum juga kunjung terealisasi sepenuhnya.

Hal tersebut, tentu membuat para Panitia Pilkades belum dapat melakukan tugas mereka secara maksimal, terutama dalam melaksanakan tahapan-tahapan yang sudah berjalan. Sementara pihak panitia baru menerima uang lebih kurang sekitar 2,5 juta dan ATK. Sedangkan dalam Peraturan keputusan Bupati Mukomuko NO 20 tahun 2021 Pasal 7 ayat 1 angka 4, menyebutkan tentang biaya Pemilihan Pilkades serentak dasalurkan dalam 1 (satu) tahap.

Pada saat ini, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang sedianya akan digelar pada 1 November 2021 ini, telah memasuki tahapan, dan sudah penetapan Bacalon dan sudah disertai No urut.
Tahapan pemuktahiran data mata pilih tersebut sudah berlangsung, Sedangkan tahapan penjaringan Balon Kades sudah ditetapkan, Minggu (24/10/2021).

Sebagaimana dituturkan Azlatan Asikin S. Sos. Ketua Panitia Pilkades Desa Bandar Jaya Kecamatan Teramang Jaya, pihaknya sudah menerima uang lebih kurang 2,5 juta dan ATK dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD).Kalau besaran yang diterima Panitia Pilkades sampai sekarang belum tahu berapa besarannya.

“Kami dari panitia pilkades sudah menerima uang lebih kurang 2,5 juta beserta ATK dari Dinas Pemberdayaan Desa (PMD). Untuk besaran anggaran, kami Dari Panitia Desa belum Tahu berapa besarannya,” pungkas Azlatan.

Hal senada yang disampaikan Arianto Ketua Panitia Pilkades Desa Arah Tiga kecamatan Lubuk Pinang, untuk saat ini kami dari panitia cuma menerima bantuan Uang lebih kurang sekitaran 2, 5 juta, disertai ATK. Sedangkan besaran bantuan dari Dinas Pemberdayaan Desa sampai sekarang kita dari Panitia belum tahu berap bantuan yang akan diterima panitia Pilkades Desa. Sementara tahapan tahapan Pilkades tetap kami lakukan.

“Untuk sekarang tahapan tahapan pilkades masih tetap berjalan,” tutupnya.(Dnex)