Rencana Dikbud Prov Sekolah Tatap Muka

Bengkulu – Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu Drs. Eri Yulian Hidayat, M.Pd menjelaskan bahwa adanya rencana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu untuk mencanangkan persekolahan secara tatap muka, Rabu (3/2).

“Banyak sekali tahap dan prosedur agar hal tersebut dapat terealisasi di setiap sekolah yang akan mengadakan sekolah secara tatap muka. Adanya kebijakan dan regulasi baru yang diatur oleh Dinas Pendidikan dan bekerjasama dengan Pihak Dinas Kesehatan,” Jelas Eri.

Regulasi dan formula pembelajaran yang akan direncanakan dalam pembelajaran tatap muka ialah pemberlakuan tahapan shift atau pergantian jam masuk.

Hal ini digunakan untuk membatasi jumlah siswa di sekolah. Tentunya tak lupa juga dibarengi dengan protokol kesehatan yang berjalan dengan efektif.

Selain itu, sekolah yang ingin memberlakukan kegiatan belajar tatap muka harus memenuhi beberapa persyaratan yang diantaranya yaitu, mendapatkan izin dari pemerintah daerah, mendapatkan izin dari orangtua wali murid, yang ditandatangani dalam bentuk surat pernyataan yang bermaterai.

“Fasilitas di sekolah untuk pelaksanaan protokol kesehatan sangat menunjang, misalnya sanitasi lingkungan, tempat cuci tangan, kamar mandi yang bersih., serta pengejakan suhu tubuh yang memadai,” terang Eri.

Untuk siswa-siswi yang akan melakukan sekolah tatap muka tidak diperlukan test swab covid terlebih dahulu. Namun diharapkan bagi para guru atau tenaga pendidik mendapatkan vaksin gratis. Pernyataan pak Eri bahwa hal tersebut belum bisa dipastikan karena Dinas Kesehatan persoalan vaksinanasi sudah ada proseduralnya.

Rencana pembelajaran tatap muka ini direncanakan pada bulan Februari. Dimana Dinas Pendidikan sudah berkoordinasi dengan Satgas untuk memfinalisasi rencana ini. (Adv)