Rapimda Mirip KNPI, Ilegal Secara Konstitusi

BENGKULU – Agenda segelintir pemuda yang mengklaim KNPI dan menggunakan atribut mirip KNPI menuai sorotan. Sekretaris Umum (Sekum) DPD KNPI Kota Bengkulu, Cristian Hadinata menegaskan bahwa kelompok tersebut ilegal secara konstitusi. Sebab, dari tiga versi KNPI yang tercatat di Kementerian Hukum dan HAM RI saat ini, tidak ada nama Haris sebagai Ketua DPP KNPI.

“Perlu kawan kawan ketahui. Bahwa adanya rencana Rapimda oleh kelompok yang mengenakan atribut KNPI di Kota Bengkulu, mereka ilegal. Karena kita di NKRI mempunyai dasar hukum yang jelas. Sehingga ketika mereka mengatasnamakan KNPI. Dimana KNPI ini adalah sebuah organisasi pemuda yang besar, maka kami dari kepengurusan DPD KNPI Kota Bengkulu menyatakan bahwa mereka ilegal,” terang Cristian.

Dikatakannya, saat ini yang tercatat di KemenkumHAM ada tiga Ketum DPP KNPI. Pertama Ketum kami Andreas, lalu Noer Fajriansyah dan Mistabudin.

“Dan tidak ada nama Haris. Sehingga ketika ada sekelompok orang yang mengklaim mereka KNPI kemudian Ketumnya diluar tiga nama yang sudah menyatakan bersepakat melaksanakan kongres penyatuan pemuda dalam waktu dekat maka mereka tidak termasuk dalam pemuda yang paham dalam aturan hukum NKRI,” bebernya.

Kemudian, selain itu Sekum DPD KNPI Kota Bengkulu yang juga pengurus KAHMI Kota Bengkulu ini mempertanyakan, sejauh apa kelompok yang mirip KNPI itu keabsahannya di Kota Bengkulu.

“Sekretariat saja mereka tidak ada? Kemudian secara struktur kelengkapan organisasi juga gak ada. Dan sejauh ini, dari tiga versi KNPI pusat yang ada. Perlu kawan kawan OKP ketahui, untuk Provinsi Bengkulu satu satunya DPD KNPI Provinsi definitif adalah DPD KNPI Provinsi pimpinan Ketua kami Bung Febry Yurdiman SE dan beliau tercatat di KemenkumHAM,” ujarnya.

Sementara untuk KNPI versi lainnya ditingkat provinsi dijabat Plt atau caretaker. Menurut Cristian, bagaimana prosedur secara hukum seorang Plt nanti bisa meng SK kan atau mendefinitifkan jajaran yang ada dibawahnya seperti DPD kabupaten/kota.

“Kami di Kota Bengkulu sudah definitif dengan Ketua Supratman, sekretaris Cristian Hadinata, Bendahara Arman Suri. Dimana kami saat kegiatan mulai dari Rapimda, Musda hingga pelantikan selalu menghadirkan unsur pemerintah baik Dispora, Kesbang serta OKP saat Musda kita hadir HMI juga OKP Cipayung lainnya. Kemudian OKP seperti BM PAN, Tidar, Satma Pemuda Pancasila, Srikandi, Fatayat NU, lalu Garda Muda Ka,bah, Pemuda Ka, bah, Pemuda Demokrat, Pemuda Keadilan, Pemuda Perindo dan puluhan OKP lainnya,” beber Cristian.

Sesuai dengan komitmen sejak awal. DPD KNPI Kota Bengkulu saat ini siap merangkul bersama-sama pemuda di Kota Bengkulu bersatu memberikan manfaat serta berkonstribusi untuk pembangunan daerah, “Saat ini, kami banyak program yang akan kita laksanakan. Dan kemarin, kami sudah bertemu langsung dengan Walikota serta Wakil Walikota Bengkulu. Dimana dalam waktu dekat DPD KNPI Kota Bengkulu akan melakukan audiensi dengan Walikota H. Helmi Hasan SE,” tutup Cristian. (*)