Rapat Paripurna DPRD Seluma, Jawaban Eksekutif Terhadap Pandangan Umum Fraksi Tentang Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2020

Seluma, Penarafflesia.com –  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kabupaten Seluma menggelar rapat lanjutan Paripurna dengan agenda jawaban Eksekutif terhadap  pandangan umum Fraksi tentang Raperda  Pertanggungjawaban Anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kabupaten seluma tahun Anggaran 2020.

Rapat paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD kabupaten Seluma, Nofi Eriyan Andesca, S.Sos didampingi waka l Sugeng Zonrio, S.H, Waka II Ulil Umidi, S.Sos. Anggota DPRD Seluma serta Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma, Unsur FKPD dan Kepala OPD serta berikut tamu undangan lainnya, Rabu (16/6/2021).

Dalam kesempatan yang di berikan jawaban Eksekutif yang dibacakan Plt. Sekda Seluma menyampaikan Rasa terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD kabupaten seluma serta Fraksi-Fraksi atas pandangan tanggapan dan saran terhadap Nota penggantar RAPERDA tentang  Pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Seluma tahun Anggaran 2020.

Jawaban kami atas pandangan umum fraksi PDIP terkait Openi Wajar tampa pengecualian (WTP) yang di peroleh pemerintah kabupaten seluma merupakan kerja nyata kita semua.itu semua tidak lepas dari dukungan DPRD kabupaten seluma.serta menjadi motivasi kita semua untuk memperbaiki kekurangan dan upaya meningkatkan kinerja terutama dalam pengelolahan Aset.

Selanjutnya menanggapi pandangan dari Fraksi Nasdem. Berkaitan dengan  tentang penghematan penggunaan Anggaran yang ada, ini menjadi perhatian penting bagi pemerintah Daerah kabupaten seluma atas pemamfa’atan anggaran sesuai kebutuhan dan di laksanakan dengan Efektif dan Efisien.

Jawaban atas tanggapan Fraksi Golkar dimana terhadap beberapa pendapatan yang tidak tercapai target, dapat kami jelaskan:

1. Terkait Pajak Daerah dari sektor Pajak PBB,Penerangan lampu jalan dan Mineral bukan logam dan Batuan ( MBLB ) sedang mengalami kesulitan secara Ekonomi di akibatkan Pandemi Covid-19 dan banyaknya kegiatan yang di Recofusing.

2. Pendapatan dari Retribusi Daerah akibat covid-19 juga ikut berkurang.seperti Retribusi pasar dan Retribusi IMB.

3. Terkait Pendapatan dari dana bagi hasil pemerintah Provinsi Bengkulu di akibatkan pemda provinsi bengkulu yang berhutang terhadap pemda kabupaten seluma.Namun demikian hutang di tahun 2019-2020 telah di lunasi Pemerintah Provinsi Bengkulu di tahun 2021.

Plt. Sekda Seluma

Selanjutnya berkaitan dengan Dana Hiba yang bernilai ( 40.527.200.000,00 ) dapat kami jelaskan.

1. Hiba kepada Palang merah Indonesia ( PMI ) Kabupaten Seluma

2. Hiba kepada Radar Seluma

3. Hiba kepada Majelis Ulama Indonesia ( MUI )

4. Hiba kepada Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB )

5. Hiba kepada Penyelegara Pemilu Kabupaten Seluma

6. Hiba kepada Instansi Vertikal

7. Hiba Biaya Operasional pendidikan ( BOP ) PAUD tahun Anggaran 2020.

Selanjutnya Berkenaan Belanja Bantuan Sosial sebesar  ( 3.541.000.000,00 ) :

1.Bantuan Sosial Atas Nama Ibu SEFTI PARAMITA

2. Bantuan Sosial Atas Nama Bapak BA’UNNUDIN

3. Peningkatan kualitas Rumah secara swadaya dengan uraian berupa Dana DAK AFIRMASI BIDANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN tahun 2020

4. Pembangunan Rumah Tidak layak huni secara swadaya dengan uraian berupa Dana DAK AFIRMASI BIDANG PERUMAHAN DAN PEMUKIMAN tahun 2020.

Selanjutnya Berkenaan dengan Belanja Bantuan Keuangan sebesar (190.528.845.837,00 ) adalah Belanja Bantuan Keuangan kepada Desa dan Bantuan keuangan kepada partai politik.

Selanjutnya Belanja-Belanja Modal sebesar (2.767.548.730,00) adalah

1. Pengadaan Buku Ilmu Pengetahuan Umum

2. Pengadaan Barang Bercorak Kebudayaan Alat Kesenian

3. Pengadaan Barang Bercorak Kebudayaan Alat Olah Raga

4. Pengadaan Alat Olah Raga lainya

Terkait masalah Aset yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Seluma berupa Aset bergerak dan tidak bergerak terutama Aset tanah,untuk saat ini Bidang Aset BPKD bersama INSPEKTORAT Kabupaten Seluma melakukan pendataaa Aset bergerak.sedangkan Aset tidak bergerak yakni Tanah Pemerintah. (Arzan/Adv)

Yozi Aritona,S.E