Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Seluma

Penarafflesia.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi, S.Sos. M.Si menghadiri kegiatan┬áRapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Seluma Tahun 2019, bertempat di Aula Bappeda, Senin (8/07/2019).

Hadir dalam kegiatan ini Tenaga Ahli Pemerintah Daerah Seluma, pejabat Eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, Kepala Dinas PMD Provinai Bengkulu atau yang mewakili, Camat se-Kabupaten Seluma, peserta sosialisasi perwakilan dari tiap OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Seluma dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Seluma Irihadi, S.Sos. M.Si mengatakan tiga pilar penting kegiatan PID yaitu pertama kegiatan inovasi dan pengelolaan pengetahuan dilakukan secara sistematis, terencana dan partisitif meliputi proses identifikasi, validasi, dokumentasi, pertukaran pengetahuan dan reflikasi, kedua kegiatan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD) dan ketiga pengembangan sistem informasi pembangunan desa.

“Kegiatan P2KTD ada tiga bidang yakni pengembangan bidang kewirausahaan, bidang peningkatan kualitas SDM dan bidang pemenuhan dan peningkatan infrastruktur desa yang bisa berpengaruh pada perkembangan ekonomi desa”, lanjut Irihadi, S.Sos. M.Si

Saparudin, S.Sos. M.Si sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pembangunan Masyarakat Desa (PMD) Seluma dan juga sebagai koordinator TIK Kabupaten Seluma, dalam sambutannya mengatakan bahwa Program Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien.

“Tujuan Program Pengelolaan Pengetahuan Inovasi Desa adalah mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa”, lanjut Saparudin, S.Sos. M.Si

Kegiatan ini bersumber dari Dana Dekonsentrasi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Tahun 2019 melalui sektor PMD Provinsi. (Mc/Rls)