Penyerahan KIS Jamkesda, Untuk Masyarakat Tidak Mampu

Seluma – Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto Launching Penyerahan Kartu Indonesia Sehat (KIS) Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) di Aula BPKD Seluma, Jumat (3/9/2021).

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Seluma sangat mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional untuk masyarakat tidak mampu, dan telah didaftarkan dalam program Jamkesda yang dikelola oleh BPJS Kesehatan.

” Puskesmas harus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang mempunyai jaminan kesehatan,” tegasnya.

Wabup juga berharap bagi masyarakat kurang mampu untuk dapat memiliki jaminan kesehatan karena sehat itu mahal.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, S.Sos. menerangkan, Dinkes telah melakukan berbagai upaya, salah satunya adalah mendaftarkan JKN-KIS untuk masyarakat yang kurang mampu melalui dana APBD Kabupaten Seluma.

“Tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Seluma melalui Dinkes menganggarkan Jamkesda sebesar Rp 4.621.127.000,- untuk 8.500 jiwa peserta dengan rincian 8.000 jiwa peserta yang sudah terdaftar di tahun sebelumnya. Pendaftar baru sebanyak 500 jiwa peserta dan sudah terpenuhi sampai bulan Juni 2021. APBD-Perubahan Dinkes menganggarkan kembali penambahan peserta sebanyak 2.000 jiwa peserta selama 4 bulan, terhitung dari bulan September sampai dengan Desember 2021,”  terangnya.

Pada proses pelaksanaan penambahan peserta Jamkesda, Dinkes bekerjasama dengan Dinas Sosial yang menugaskan seluruh TKSK se-Kabupaten Seluma dengan tujuan agar peserta Jamkesda tepat sasaran. (Rls)