Penyerahan ke Tujuh, BUMP Bintang Rafflesia Serahkan 4 Ekor Sapi ke Sumber Makmur

Seluma – Badan Usaha Milik Petani (BUMP) Bintang Rafflesia menyerahkan empat ekor sapi kepada Kelompok Peternak Sapi Sumber Makmur yang beralamatkan di Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Selasa, 8 Desember 2020.

Penyerahan empat ekor sapi tersebut merupakan bentuk kemitraan kelompok peternak sapi kepada BUMP Bintang Rafflesia yang dilakukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak.

Adapun penyerahan sapi tersebut adalah penyerahan ketujuh dari BUMP Bintang Rafflesia yang diserahkan langsung oleh Pembina BUMP Bintang Rafflesia Benny Suharto. Di mana sebelumnya telah dilakukan di enam titik atau enam kelompok peternak sapi di Kabupaten Seluma.

Dijelaskan Benny, penyerahan empat ekor sapi ini bertujuan guna meningkatkan kreatifitas dan memberdayakan peternak sapi serta pengembangan pembibitan sapi dalam peningkatan pendapatan atau kesejahteraan petani melalui pengembangan usaha berorientasi agribisnis.

Benny Suharto Tandatangani Penyerahan 4 ekor Sapi kepada Kelompok Peternak Sumber Makmur

“Kita berikan empat ekor sapi kepada Kelompok Peternak Sapi Sumber Makmur yang mana terdiri dari dua ekor sapi jantan jenis peranakan wagyu dengan berat yaitu 269 kg dan 275 kg, dan dua ekor betina jenis persilangan simental dengan berat 321 kg dan 442 kg,” jelasnya usai menyerahkan sapi kepada kelompok peternak sapi tersebut.

Selain itu, lanjut Benny, mitra usaha dalam budidaya ternak sapi betina produktif atau penggemukan ini nantinya dapat mendukung swasembada daging serta dapat meningkatkan pendapatan petani dan keluarganya.

“Kemitraan sapi ini ke depannya dapat menjadi wadah penyediaan ternak sapi dan menghasilkan bibit sapi yang berkualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut Benny sampaikan, pola pengembangan budidaya terbak sapi ini diarahkan pada pola penggemukan sapi dan kawin alam. Sehingga usaha pengembangan sapi dan budidaya sapi produktif ini dapat terfokus, terkonsentrasi, dan terorgnisir serta berkelanjutan.

“Maka dari itu kita serahkan empat ekor sapi tersebut untuk dapat dibudidayakan oleh kelompok peternak sapi dan untuk hasilnya nanti akan dilakukan pembagian hasil sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat,” pungkasnya. (yik)