Pencanangan Zona Integritas, Gubernur Rohidin Harapkan BPS Jadi Leader Ketersediaan Data Akurat

Bengkulu – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu komitmen mewujudkan reformasi birokrasi untuk pencegahan korupsi dan peningkatan pelayanan publik. Dalam hal ini, BPS melakukan Pencanangan Zona Integritas, yang langsung disaksikan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Rabu (31/3/2021).

Gubernur Rohidin menyambut baik langkah BPS Provinsi Bengkuku dalam mencanangkan zona integritas ini. Menurutnya, hal ini merupakan langkah strategis BPS dalam menghadapi perubahan zaman dan tuntutan masyarakat akan ketersediaan data yang akurat dan transparan.

“Saya sangat menyambut baik memberikan apresiasi yang tinggi terhadap langkah strategis yang diambil oleh BPS Bengkulu terkait pencanangan zona integritas dalam rangka bagaimana mewujudkan agar birokrasi kelembagaan dari BPS Bengkulu ini bebas dari korupsi, birokrasinya bersih sekaligus melayani,” jelas Gubernur Rohidin memberikan apresiasi.

Ditambahkan Gubernur Rohidin bahwa ketersediaan data dapat menjadi kunci penentu peningkatan daya saing daerah. Untuk itu pentingnya data yang akurat menjadi suatu keharusan, sebab di zaman 4.0 ini semua akan berbicara berbasis data, baik data kuantitatif maupun kualitatif.

“BPS bisa menjadi lead untuk memberikan pencerahan kepada masing – masing instansi vertikal, jajaran pemerintah Provinsi Bengkulu, artinya memberikan data kepada konsumen data, bisa masyarakat, bisa akademisi, mitra kerja juga kepada peneliti yang juga membutuhkan data. Saya berharap betul keberadaan statistik akan menyajikan data yang akurat, upto date, sehingga memberikan informasi yang betul – betul bermanfaat bagi masyarakat Bengkulu,” minta Gubernur Rohidin.

Dijelaskan Kepala BPS Provinsi Bengkulu Win Rizal, Pencanangan Zona Integritas ini merupakan komitmen dari BPS Provinsi Bengkulu untuk mewujudkan Satuan Kerja (Satker) melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi yang diselenggarakan pada hari ini merupakan suatu pernyataan atau deklarasi bersama dan komitmen suluruh pegawai BPS Provinsi Bengkulu, dalam upaya kita untuk mewujudkan wilayah bebas dari korupsi pada Satker BPS Provinsi Bengkulu, dengan komitmen memudahkan pelayanan kepada masyarakat yang juga disertai monitoring evaluasi juga management,” jelas Win Rizal. (mc)