Penandatanganan Nota Kesepakatan KUA-PPAS DPRD Bengkulu Utara

Bengkulu Utara – Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian melakukan penandatanganan kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) pada Rabu (6/11/2019). Bersama Ketua DPRD, Sonti Bakara SH dan Wakil ketua I, Juhaili, SIP serta Wakil ketua II, Herliyanto H SIP.

Penandatanganan kesepakatan ini, dilakukan pada rapat paripurna DPRD dengan agenda penandatanganan kesepakatan (KUA-PPAS) APBD tahun 2020 di ruang rapat paripurna gedung DPRD Bengkulu Utara tadi siang.

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD, Sonti Bakara SH dan dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan SKPD dan FKPD Bengkulu Utara, serta 24 anggota DPRD.

“ Tentunya akan disesuaikan dengan kondisi perkembangan daerah, laju inflasi yang dengan proyeksi pendapatan dan pembiayaan daerah. Serta pemberlakuan regulasi yang baru sebagai dasar ketentuan aturan kesepakatan KUA PPAS APBD tahun 2020. Karena memang KUA PPAS merupakan asumsi dasar yang masih mengacu kepada anggaran tahun 2019,” kata Sonti Bakara, Rabu (6/11/2019).

Mian menyampaikan dalam penyusunan APBD terdiri dari dana DAK, DAU, bagi hasil dan sebagainya tersebut, pihaknya akan mengedepankan asas manfaat, efisiensi dan peruntukan, yang menyentuh langsung kepada masyarakat.

“Tetapi kita memiliki masalah, yaitu kekuatan fiskal kita amat sangat terbatas untuk memenuhi seluruh hasil dari musrenbang. Disamping itu, di tahun 2020 kita juga dibebani oleh dana Pilkada dan kenaikan Siltap kepala desa, praktis hal ini semuanya mempengaruhi pembangunan infrastruktur,” ujar orang nomor 1 di Bengkulu Utara itu.

Mian juga akan menekan semua OPD agar memetakan semua skala prioritas dalam penggunaan anggaran di tahun 2020.

“Namun, Kita tetap bersyukur masih mendapatkan program pembangunan langsung dari pusat, hingga yang tidak terakomodir bisa tertutupi,” demikian Mian.