Pemulihan Ekonomi Daerah dan Sukseskan Vaksinasi

PENARAFFLESIA – Dalam rangka ikut membantu proses pemulihan ekonomi daerah dan turut serta mensukseskan target capaian vaksinasi, Keluarga Alumni Gajah Mada (KAGAMA) Provinsi Bengkulu giat terjun langsung ke masyarakat.

Sebelumnya, Kagama sukses menggelar Bakti Negeri di Desa Rindu Hati Bengkulu Tengah (26/08). Kali ini Kagama melaksanakan Kagama Bakti Negeri di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang, Rabu (20/10).

Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan. Di antaranya, vaksinasi COVID-19 untuk warga Sengkuang/ Kabawetan serta siswa SMA 4 Kabawetan, penyerahan bantuan bagi lansia, peninjauan UMKM Kopi Lancor, pelayanan kesehatan hewan ternak, pembagian sembako dan paket makanan, serta membeli hasil bumi (sayur mayur) dari perkebunan warga.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) KAGAMA Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan Kagama selalu hadir untuk Negeri, dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya mengedukasi masyarakat akan pentingnya melakukan vaksinasi agar terhindar dari COVID-19.

“Hari ini KAGAMA gelar vaksinasi untuk seluruh masyarakat Sengkuang, jadi jangan ragu untuk vaksin. Hal ini guna melindungi diri kita dari virus corona,” ujar Rohidin yang juga merupakan Gubernur Bengkulu ini usai meninjau vaksinasi COVID-19.

Lebih lanjut, menurut Rohidin potensi Kopi jenis Robusta di wilayah Kepahiang khususnya Kabawetan memiliki cita rasa yang sangat baik. Jika diolah dengan baik dan dikemas dengan menarik tentu akan menjadi nilai tambah, begitupun dari sisi pendapatan tentu akan sangat menjanjikan bagi masyarakat.

“Sentra pengolahan Kopi di desa perlu terus dibangun serta masyarakatnya juga dibantu agar terus mendapatkan edukasi terkait pengolahan kopi yang menghasilkan income. Kopi jika diolah dengan serius tentu akan menghasilkan nilai yang sangat tinggi,” jelasnya.

Kemudian, Kagama juga mensupport usaha tani rakyat, seperti peternakan sapi potong pada kelompok ternak Margo Mulyo, dengan memberikan obat cacing, vitamin sekaligus edukasi terkait manajemen kandang yang sehat bagi ternak. Selain itu juga memanen serta membeli hasil pertanian sayur mayur warga sekitar.

“Kita juga ingin memastikan sektor pertanian dan peternakan warga tetap berjalan di masa pandemi ini. Dengan pemeriksaan ternak, agar tetap produktif dan sehat. Begitupun, pertanian yang menjadi sumber pendapatan utama di sini,” terangnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Sidorejo Eko mengungkapkan rasa terimakasih atas kehadiran KAGAMA di desa Sidorejo. Menurutnya, pelaksanaan kegiatan seperti vaksinasi massal, pelayanan kesehatan ternak hingga dukungan terhadap UMKM dirasa sangat bermanfaat untuk masyarakat.

“KAGAMA hadir di desa kami, dan melakukan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat dan ditunggu masyarakat. Semoga ke depan akan ada lagi kegiatan seperti ini,” terang Eko yang juga pengusaha Kopi dan Owner Kedai Sengkuang Kopi. (*)