Pemkot Sabet 3 Penghargaan TOP BUMD

Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mendapat 3 penghargaan sekaligus dari Top Business yakni penghargaan terkait pengelolaan BUMD 2021, dalam hal ini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), Jumat (10/9/2021).

Tiga penghargaan itu, salah satunya ialah penghargaan kategori Top Pembina BUMD dalam hal ini Walikota Bengkulu Helmi Hasan, dan hebatnya penghargaan ini ialah ke-3 kalinya yang ia dapatkan dari tahun 2019-2021. Kemudian kategori Top BUMD 2021 dalam hal ini PDAM Tirta Hidayah Kota Bengkulu. Selanjutnya kategori Top CEO BUMD dalam hal ini Direktur PDAM Sjobirin Hasan.

Pada kesempatan ini, Walikota Bengkulu Helmi Hasan, Sekretaris Daerah (Sekda) Arif Gunadi dan Dirut PDAM Tirta Hidayah Sjobirin Hasan hadir langsung menerima penghargaan tersebut di Dian Ballroom, Hotel Raffles, Jakarta.

Usai menerima penghargaan, Helmi mengungkapkan beberapa program unggulan yang ada di PDAM Tirta Hidayah, sehingga dapat menyabet 3 penghargaan sekaligus.

“Salah satu program unggulan ialah droping air gratis, dan program lainnya. Secara spesifik penilaiannya terhadap BUMD juga secara keseluruhan seperti SDM yang kita miliki, kelayakan operasional. Dan yang terpenting ialah pelayanan kepada pelanggan, jangan sampai hadirnya kita tidak memberikan pelayanan yang terbaik. Yang terakhir ialah kinerja keuangan,” sampai Helmi dengan gembira.

Selain itu, penilaian juga melalui serangkaian proses penjurian mulai dari penentuan kandidat BUMD yang penilaiannya sehat.

Paling terbaru dari inovasi PDAM Tirta Hidayah ialah akan hadirnya AMDK Hidayah Water yang diproduksi oleh PDAM Tirta Hidayah sendiri.

“Alhamdulillah, dalam waktu dekat kita ada inovasi baru yakni AMDK Hidayah Water. Untuk mesinnya dalam proses perjalanan, sementara gedungnya lagi tahap pembangunan. Mohon doanya, insya allah dalam waktu dekat Kota Bengkulu ada AMDK sendiri, mari kita dukung produk ini. Nanti kita juga imbau dan ajak masyarakat untuk meminum produk hidayah water ini,” ujar Helmi.

Hadirnya hidayah water, Helmi menyatakan siap berkompetisi dengan produk-produk yang telah ada di pasaran.

“Kita siap berkompetisi dengan pasar-pasar yang sudah ada, karena kita meyakini produk hidayah water mendapat posisi di hati masyarakat, khususnya di Kota Bengkulu. Dan insya allah, ini nanti bukan hanya di kota saja melainkan akan dipasarkan ke kabupaten dan provinsi lainnya,” harap Helmi.

Atas diterimanya penghargaan ini dapat dilihat satu bentuk komitmen Walikota Helmi Hasan dengan terus memajukan BUMD di Kota Bengkulu dan mendapat apreasiasi dari semua kalangan. Dan hebatnya lagi, sejak didirikan tahun 1974, ternyata di bawah kepemimpinan Walikota Helmi lah PDAM terus mencatat capaian nilai kinerja sehat.

Sebagai informasi, TOP BUMD Awards 2021 diselenggarakan oleh Majalah Top Business bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan Lembaga Kajian Nawacita (LKN), serta beberapa lembaga Tim Penilai.Kegiatan TOP BUMD Awards ini diselenggarakan secara berkesinambungan setiap tahun, sejak tahun 2016.

Tema yang diangkat dalam TOP BUMD Awards 2021 ini adalah “Membangun Kinerja dan Layanan BUMD tetap Produktif di masa Pandemi COVID-19”. (Rls)

3 (Tiga) penghargaan yang diperoleh pada Top BUMD 2021:

  1. Top Pembina BUMD (Walikota Bengkulu Bapak H. Helmi Hasan).
  2. Top CEO BUMD (Direktur Perumda Tirta Hidayah H. Sjobirin Hasan).
  3. Top BUMD #4 (Perumda Tirta Hidayah Kota Bengkulu).