Pemkab Seluma Evaluasi SAKIP

Seluma – Penjabat Sekda Kabupaten Seluma Drs. Supratman, MM didampingi Kabag Organisasi dan Kepegawaian Elma Juwita, S.Sos menyampaikan Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Kabupaten Seluma dalam kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Sakip bersama Kemenpan RB RI secara virtual, Senin (14/09/2020) bertempat di ruang rapat Bupati Seluma.

Ada yang berubah dari evaluasi tahun ini yaitu jika sebelumnya evaluasi banyak dilakukan dengan pertemuan tatap muka dan kunjungan langsung ke instansi yang bersangkutan, maka tahun ini penyelenggaraannya dilakukan secara vicon.

Penjabat Sekda Kabupaten Seluma Drs. Supratman, MM dalam kesempatan ini antara lain menyampaikan bahwa penyusunan Sakip tahun ini mengacu pada hasil rekomendasi tahun sebelumnya oleh Kemenpan RB RI terkait Arahan Perbaikan Sasaran dan Indikator dalam RPJMD Kabupaten Seluma Tahun 2016-2021.

Juga menyampaikan perubahan manajemen masa pandemi Covid-19 yaitu pembentukan gugus tugas dalam penanganan Covid-19, penyusunan SOP penanganan kesehatan, penyesuaian pelayanan publik menerapkan protokol Kesehatan, penggunaan daring dalam kegiatan inovasi dalam pelayanan publik masa pandemi.

“Kebijakan lainnya adalah Work From Home, kebijakan sosial distancing, kebijakan belajar di rumah dan penyampaian informasi melalui media sosial, media elektronik serta media massa”, jelas Supratman.

Kabag Organisasi dan Kepegawaian Elma Juwita, S.Sos menyampaikan bahwa 10 OPD Kabupaten Seluma sebagai sampel yang dievaluasi yaitu BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, RSUD Tais, Bappeda, Dinas Kominfo, Dinas Perkim, Dinas Ketahanan Pangan, Disperindagkop dan Dinas Perikanan mengikuti kegiatan ini secara virtual dari kantor masing-masing.

“Setiap Kepala OPD menjelaskan pemaparan Sakip dan Reformasi Birokrasi yang telah dilaksanakan di masing-masing OPD dengan waktu maksimum 7 menit”, jelas Elma.

Perbaikan Evaluasi Sakip dan RB Pemerintah Kabupaten Seluma oleh kemenpan RB selama 1 bulan dan pada tangga 14 Oktober 2020 semua dokumen e-Sakip perbaikan sudah ditindaklanjuti. (Adv)