Pemdes Banyu Kencana Tingkatkan Kapasitas Perempuan Serta Bangun MCK dan lampu jalan

PENARAFFLESIA – Pemdes Banyu Kencana Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma memberikan suatu motivasi dan kenyamanan kepada warga masyarakat Desa Banyu Kencana. Dimana dalam bentuk peningkatan kapasitas perempuan (Pelatihan menjahit), bantuan langsung tunai (BLT) serta pembangunan beberapa unit MCK dan beberapa titik penerangan lampu jalan.

Kades Banyu Kencana Kecamatan Ulu Talo, Gusti Ayu Kartini, saat ditemui dikediamanya menyampaikan, “ya pak, kami Pemerintahan Desa Banyu Kencana dalam hal ini mengadakan pelatihan menjahit buat warga kami dalam bentuk peningkatan kapasitas perempuan. Kebetulan waktu pembukaan kemaren di hadiri Camat Ulu Talo dan langsung dibuka oleh Camat Bapak Dodi Hartono. Apalagi disaat musibah Covid-19 saat ini, dengan adanya pelatihan tersebut mudah-mudahan bisa membantu warga masyarakat Desa Banyu Kencana dalam bentuk kemampuan menjahit dan harapan kami ini bisa menjadi UMKM bagi warga kami,” Jelasnya.

Tambahnya, selain dari pada itu kami dari Pemerintahan Desa Banyu Kencana juga membangun 27 unit MCK untuk warga yang kurang mampu. Karena di Desa Banyu Kencana masih banyak warga yang belum memiliki MCK. Sementara untuk saat ini baru bisa terlealisasi 27 unit. Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya bisa realisasikan lagi.

“Serta kami juga membangun beberapa titik penerangan lampu tenaga surya yang kami pasang di beberapa titik pasilitas umum. Seperti di depan kantor desa, depan masjid dan di depan jalan gang-gang desa kami,” ungkap Kades, Rabu (20/10/21).

Dalam kesempatan ini juga Gusti Ayu kartini Kades Banyu Kencana berharap kepada Pemerintah Kabupaten Seluma, supaya bisa memperhatikan Insfrastruktur jalan menuju desa. Karna jalan menuju desa saat ini sangat memperhatinkan. Apalagi kondisi saat ini lagi musim hujan.

“Terus terang dengan kondisi jalan saat ini menjadi kendala kami dalam membawa matrial dari luar menuju desa kami dan juga mengeluarkan hasil tani warga kami disini. Mudah-mudahan dalam pertengahan bulan Desember ini kegiatan bisa kami selesaikan 100 % walau harus butuh perjuangan,” pungkasnya. (Arzan/ADV)