Menjaga Kota Bengkulu Bersih dan Indah, Wawali Minta Kesadaran Masyarakat

Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu terus mengupayakan Kota Bengkulu agar menjadi kota yang bersih, asri dan indah. Salah satu upaya tersebut ialah dengan mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (SBS) di seluruh Kelurahan di Kota Bengkulu.

Selasa (23/02/2021), Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi mendeklarasikan langsung 4 Kelurahan yakni Kelurahan Kebun geran, Pengantungan, Anggut Atas, Belakang Pondok dan Padang jati.

Tujuan deklarasi ini ialah mewujudkan lingkungan bersih dan sehat menuju sustainable development goals (SDGs) 2030 dan menuju masyarakat Kota Bengkulu berdaulat berkepribadian dalam budaya hidup bersih dan sehat.

“Ini komitmen kita semua untuk betul-betul melaksanakan deklarasi untuk tidak BAB disembarang tempat. Kalau perjenjang sudah melaksanakan dengan baik tentu Kota Bemgkulu yang bersih, asri dan indah akan terwujud,” ujar Dedy saat deklarasi SBS di 4 Kelurahan yang berlangsung di ruang hidayah, Kantor Walikota, Selasa (23/02/2021).

Dikatakan Dedy, peran masyarakat dalam menjaga lingkungannya tentu akan berdampak pada perubahan yang baik ke depannya.

“Dimana gerakan stop buang air besar sembarangan ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dengan kemandirian mampu merubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar disembarangan tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat. Dan ini juga merupakan peran masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan,” tutupnya.