Lima BPC HIPMI Nyatakan Dukung Undang Sumbaga

Bengkulu – Undang Sumbaga kian optimis menuju kursi orang nomor satu di Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) Provinsi Bengkulu. Setelah lima Badan Pengurus Cabang (BPC) menegaskan dukungannya untuk pemuda kelahiran Mei 1989 tersebut.

Dalam konferensi pers Senin, 5 April 2021 di Food Pedia, BPC HIPMI Kabupaten Seluma, Kaur, Mukomuko, Lebong, dan Kota Bengkulu menyatakan bulat mendukung Undang. Itu berarti ia sudah unggul satu suara dari dua kandidat lainnya, yakni 25 dari total 49 suara. Sebab masing-masing BPC memiliki lima suara. Kendati demikian, Undang sendiri optimis akan meraih lebih dari 25 suara pada Musda XIV BPD HIPMI Provinsi Bengkulu, Kamis, 8 April 2021.

“Kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan dan rapat untuk persiapan kemenangan kita di Musda HIPMI. Secara umum kami yakin dan optimis bahwa kami bisa memenangkan pertarungan ini atau pemilihan untuk menjadi Ketua Umum BPD HIPMI Masa Bakti 2021-2024. Di mana saat ini saya sudah didukung oleh lima Badan Pengurus Cabang dan ini menjadi sebuah kepercayaan saya untuk terus melanjutkan proses pemilihan ketua umum,” kata Undang didampingi ketua dan pengurus dari lima BPC yang mendukungnya.

Undang menegaskan, ke depan HIPMI harus menjadi penggerak pembangunan dan berkontribusi terhadap perekonomian Provinsi Bengkulu, serta melakukan pengembangan terhadap UMKM agar segera naik kelas. Tak hanya itu, penciptaan lima ribu pengusaha baru juga menjadi target utamanya, yang berdampak turunnya angka pengangguran.

“Ini yang menjadi PR saya ke depan terhadap pembangunan di Provinsi Bengkulu. Semua BPC-BPC akan dilibatkan untuk berkontribusi bersama agar kita bisa sama-sama membangun kabupaten kota se-Provinsi Bengkulu. Sehingga akan menjadi sebuah kekuatan ekonomi baru di wilayah Sumatera bagian selatan,” tegasnya.

Lebih lanjut Undang menyampaikan tiga program jangka pendek yang segera ia realisasikan pasca terpilih menjadi Ketum BPD HIPMI.

“Pertama, membuat sekretariat HIPMI permanen, agar kita tidak sewa lagi, jadi pemimpin-pemimpin HIPMI ke depan tinggal menyempurnakan saja sekre yang sudah permanen ini,” sampainya.

Kedua, terus Undang, melakukan pendataan terhadap jumlah UMKM yang mencapai 220 ribu di Provinsi Bengkulu. Pendataan untuk mengetahui berapa UMKM yang berada dalam kondisi baik, kurang baik, dan berapa UMKM yang betul-betul terdampak pandemi Covid-19.

“dari UMKM-UMKM ini berapa yang kita angkat dengan berkolaborasi dengan pemerintah, apa saja yang kita lakukan untuk pengembangan UMKM ini. HIPMI akan mengambil peran di bidang mana dan apa peran yang betul-betul menjadi fokus, apakah itu pelatihan, apakah pendampingan bisnis yang kita lakukan, atau nanti pemerintah punya program lain. Intinya bagaimana HIPMI dan pemerintah saling support terhadap UMKM,” jelas Undang.

Ketiga, mengidentifikasi wisata-wisata alam yang bisa dikembangkan. Sebab wisata outdoor seperti wisata alam masih menjadi andalan di Provinsi Bengkulu. HIPMI di bawah kepemimpinan Undang bertekad membantu promosi dan publikasi serta pendampingan pengelolaannya.

“Misal wisata alam itu dikelola oleh BUMDes, kita akan bantu dampingi agar BUMDes tersebut memiliki manajemen yang kuat, agar bisa menjadi BUMDes yang survive, yang kuat, yang bisa berkelanjutan dari tahun ke tahun,” ujar Undang.

Terakhir, CEO Central Elektro Bengkulu ini menegaskan, pihaknya siap 100 persen dalam menghadapi Musda HIPMI.

“Hal-hal yang memang sifatnya teknis akan terus kami konsolidasikan kepada pendukung-pendukung kami yang ada di BPC-BPC. Saya optimis bisa memenangkan pemilihan Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu 2021-2024,” demikian Undang Sumbaga. (TM)