Lebaran Tahun Ini, Wagub Tiadakan Open House

Bengkulu, PenaRafflesia.com– Wakil Gubernur Bengkulu, Rosjonsyah pada lebaran tahun ini mentiadakan kegiatan open house di kediaman beliau. Hal ini dikarenakan sedang menaiknya angka pasien positif Covid-19 di Provinsi Bengkulu. “Saya tidak mengadakan open house. Jadi nanti pas lebaran di rumah masing-masing saja”, terang Wakil Gubernur tersebut. Rosjonsyah juga menghimbau masyarakat Provinsi Bengkulu untuk menahan diri dan tidak mudik pada lebaran ini. Hal itu karena sudah aturan dari Pemerintah Pusat serta juga mengingatkan kian meningkatnya angka positif Covid-19 di Bengkulu.

“Saya kira harus semuanya (dilarang). Baik mudik antar Provinsi ataupun antar Kabupaten dalam Provinsi.Kita sama-sama menahan diri aja dulu ya”, terang Rosjonsyah.

Ditambahkan Rosjonsyah, tanggal 2 Mei pasien Covid-19 di Bengkulu melonjak hingga 110 pasien.

“Daripada lebaran ini makin melonjak lagi, lebih baik kita masing-masing di rumah saja”, tegas beliau.

Senada demikian, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui Surat Edaran (SE), melarang ASN dan Pejabat Daerah melakukan open house atau halal bihalal dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021. Dalam Surat Edaran Medagri yang diterbitkan tanggal 4 Mei 2021 tersebut terdapat 2 poin dalam mencermati terjadinya peningkatan kasus penularan Covid-19. Dua poin tersebut yaitu,

  1. Melakukan pelarangan kegiatan buka puasa bersama yang melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 (lima) orang selama Bulan Ramadan 1442 H/ Tahun 2021, dan
  2. Menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah untuk tidak melakukan open house/halal bihalal dalam rangka hari raya idul Fitri 1442H/ Tahun 2021. (Jihad)