Kompetisi Sains Nasional di Kota Tangerang

Tangerang – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional yang diadakan secara serempak di setiap kota/kabupaten di Indonesia. Tak terkecuali di Kota Tangerang.

Penyelenggaraan kompetisi sains tersebut, dilaksanakan di Sekolah Kumnam, Kamis (12/03), dengan total 260 peserta dari berbagai sekolah negeri dan swasta di Kota Tangerang.

“Di tahun ini, ada 260 siswa/i yang ikut, terdiri dari 130 peserta mata pelajaran matematika dan 130 Ilmu Pengetahuan Alam. Dengan jumlah soal 20 untuk isian singkat matematika serta 30 pilihan ganda IPA,” ucap Kepala Bidang Pembinaan SD, Totong Suwarto.

Sebelum mengikuti lomba tingkat Kota Tangerang, seluruh sekolah melakukan seleksi. 

“Jadi sebelum kompetisi hari ini, sekolah telah seleksi di lingkup sekolahnya, dilanjut tingkat kecamatan dan tingkat kota. Setelah hasilnya keluar, nanti akan dipilih dua orang untuk maju ke tingkat provinsi,” sambung Totong.

Para peserta yang didominasi siswa kelas lima Sekolah dasar tersebut mengaku senang dapat menyelesaikan semua soal dan telah melakukan persiapan secara matang.

“Kalo untuk persiapan paling aku belajar, jadi dateng ke sekolah cuma untuk belajar matematika aja selama satu minggu,” ucap Siswi SD Al-Hidayah, Juwita Putri.

Hal yang berbeda justru diungkapkan siswa SDN Karang Tengah 12 yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi di Kecamatan Karang Tengah.

“Kalo soalnya sih gampang-gampang susah, tapi alhamdulillah bisa selesain semua soal. Kalo persiapan biasa aja sih belajar kaya biasanya,” ungkap Lukman Nulhakim.

Setelah dilakukan seleksi tingkat kota, nantinya akan dipilih dua peserta untuk maju ke tingkat Provinsi Banten mewakili Kota Tangerang.