Kasus Dana Desa Cawang ke Tahap Penyidik, Kejari Seluma Ekspos ke Inspektorat

Seluma, Penarafflesia.com – Menindak lanjuti Laporan Masyarakat, Kejaksaan Negeri Seluma terus mengusut dugaan korupsi Dana Desa Desa Cawang Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma. Terkait laporan masyarakat melaui BPD beberapa bulan yang lalu, Inspektorat sudah mulai melakukan peningkatan berkas dari penyelidikan ke penyidikan.

Dimana dalam laporan yang disampaikan Doni selaku Ketua BPD Desa Cawang Kecamatan Lubuk Sandi, bahwa dalam penggunaan ADD/DD Desa Cawang Tahun 2020 ada laporan yang fiktif.

Hal itu diketahui, setelah Awak Media bertanya kepada Ahmadi, SH Kasi Pidsus Kejari Seluma terkait kehadirannya bersama tim Kejari Seluma ke Gedung Inspektorat di pusat perkantoran Pematang Aur, Kamis (17/6/2021).

“Alhamdulilah kehadiran kami kesini memenuhi undangan Inspektorat terkait surat kami tentang permohonan bantuan penghitungan audit kerugian Negara di Desa Cawang, oleh sebab itu kami diundang untuk melakukan Ekspos, sebelum tim audit Inspektorat melakukan audit,” ungkap Ahmadi.

“Untuk kasus dugaan DD Desa Cawang sudah resmi kita tingkatkan dari penyelidikan ke penyidikan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Inspektorat Seluma Deddy Ramdhani, SE, M.SE, MA mengatakan pihaknya siap mendukung Kejari Seluma dalam upaya mengungkap dugaan kasus korupsi yang sedang didalami pihak Kejari Seluma.

“Pada intinya kami Inspektorat Seluma selalu siap mendukung kinerja Kejari Seluma dalam mengusut kasus dugaan penyelewengan dana yang merugikan negara, terutama kasus dugaan korupsi DD yang sedang diselidiki pihak Kejari Seluma saat ini,” terangnya.

Untuk diketahui bersama, sebelumnya pihak Kejari Seluma sudah memeriksa beberapa saksi-saksi, dari perangkat Desa, Camat, BPD dan Pendamping Desa terkait kasus dugaan pekerjaan fiktif Desa Cawang untuk pembuatan MCK, Siring pasang dan PAUD yang menelan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 258 juta anggaran tahun 2020 lalu. (Arzan)