JPN Seluma Resmi Dikukuhkan

PENA RAFFLESIA – Momentum Hari Karantina Pertanian ke-144 Pengurus Jaringan Pertanian Nasional (JPN) Kabupaten Seluma mitra karantina Provinsi Bengkulu resmi dikukuhkan oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, M.Si, M.H, secara daring di Nusa Tenggara Timur, Minggu (17/10/2021).

Pengukuhan Pengurus JPN Kabupaten Seluma yang berlangsung di Aula Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bengkulu secara daring oleh Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, M.Si, M.H yakni: Didi Supriadi (Sarang Burung Walet), Hj. Yusnaini (Padang Capo Caffe) Wayan Swasta (TTK CV. Vanjita NM), serta Soprian Ardianto (Jurnalis) dan Andi Irawan (Lion Parcel).

Dikatakan Didi Supriadi setelah dikukuhkannya Kepengurusan JPN Kabupaten Seluma bisa membawa Pertanian Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Seluma lebih baik lagi sehingga dapat menyumbangkan hasil bumi untuk Indonesia dan juga semoga apa yang dicita-citakan Pak Menteri Pertanian bisa terwujud.

“Dalam kata sambutan Pak Menteri Pertanian bahwa JPN ini kedepannya dapat membawa perubahan khususnya dibidang Pertanian, sesuai arahnya ini upaya yang strategis untuk berpartisipasi dalam kemitraan karantina dalam mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern,” ungkap Didi sebagai ketua JPN Kabupaten Seluma.

Lanjut Didi sapaan akrabnya yang juga merupakan pembisnis Sarang Burung Walet di ini sesuai dengan tujuan JPN semoga dapat “Membangun ketahanan pangan nasional Indonesia, Mendukung surplus swasembada komoditas pertanian, Membantu akselerasi ekspor komoditas pertanian Indonesia dan Sebagai pendukung tugas pokok menteri pertanian yang diamanatkan Presiden RI,” jeasnya.

Dilansir sebelumnya, Peringatan Hari Karantina Pertanian ke-144 Menteri Pertanian Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, M.Si, M.H, mengukuhkan Pengurus Komisariat Daerah (Komda) di 465 Kabupaten – 34 Provinsi, Jaringan Pertanian Nasional (JPN) lingkup Badan Karantina Pertanian (Barantan) secara luring dan daring di Kupang,

Pengukuhan JPN tersebut dari 465 Komda adalah Komda JPN di Kabupaten dan Kota di Provinsi Bengkulu yang menjadi binaan karantina Pertanian Provinsi Bengkulu, pengukuhan berlangsung merupakan rangkaian dari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2021, sehari menjelang acara puncak ke-144 pada tanggal 18 Oktober 2021.

Sebelum pengukuhan berlangsung, Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, M.Si, M.H, sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina mengungkapkan sangat mengapresiasi dan bangga dengan kinerja Barantan yang telah berkontribusi dalam peningkatan ekspor komoditas pertanian terutama untuk saat ini ditengah pademi covid-19.

“Terbentuknya JPN lingkup Barantan yang beranggotakan hampir enam ribu petani ini merupakan upaya yang strategis untuk melibatkan partisipasi mitra karantina dalam mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern”, ungkap Limpo saat memberikan kata sambutan sebelum pengukuhan.

Diketahui pengukuhan pengurus Komda di 465 Kabupaten – 34 Provinsi, JPN lingkup Badan Karantina Pertanian (Barantan) 2.697 Pengurus dan 15.548 Anggota yang tersebar seluruh Indonesia, untuk Provinsi Bengkulu sendiri telah dikukuhkan, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Utara dan Mukomuko. [Soprian]