Induk dan Dua Anak Harimau Sumatera Mati Berdekatan

Foto: BKSDA Aceh

Aceh – Di dalam hutan di Muekek, Aceh Selatan, ditemukan tiga ekor harimau sumatra (Panthera Tigris Sumatrae) sudah mati. Harimau tersebut mati berdekatan dan berdampingan didalam hutan. Hasil dari autopsi Dokter Hewan BKSDA Aceh, Harimau tersebut merupakan induk dan anaknya, Rabu (25/08/2021).

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Agus Arianto saat mendapat laporan tersebut kemudian langsung bertindak mengirimkan tim untuk meninjau lokasi. Tim medis, inafis Polres Aceh Selatan, dan Balai Gakkum Sumatera melakukan olah TKP dan proses nekropsi untuk memastikan penyebab kematian ketiga harimau tersebut, (25/08/2021).

Dikutip dari Tempo.co, Jumat 27 Agustus 2021 berdasarkan keterangan tertulis yang dibagikan BKSDA Aceh, dua harimau yang ditemukan adalah induk dan dua anaknya berkelamin betina dan jantan. Anak harimau yang berkelamin jantan tergeletak juga menghadap samping, kurang lebih lima meter dari keduanya.

Dari hasil pengecekan, diperkirakan induk berumur lebih dari 10 tahun, dan anakan berumur lebih dari 10 bulan, harimau tersebut sudah mati sekitar lima hari yang lalu.

Saat dilakukan uji Laboratorium, tim medis mengambil sampel saluran cerna harimau tersebut, kemudian dibawa ke Pusat Laboratorium Forensik Mabes, untuk memastikan penyebab kematian, kesimpulan sementara dari hasil nekropsi harimau tersebut mati karena infeksi terkena jerat. (Op)