Bupati Erwin Musrenbangcam di SAM, Mengajak Semua Berperan Aktif dan Bersinergi

Seluma – Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E. didampingi Kepala Bappeda Seluma Drs. Supratman, M.M. dan Camat Semidang Alas Maras Drs. Hendri Kusyanto membuka kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Tingkat Kecamatan (Musrenbangcam) Kecamatan Semidang Alas Maras Tahun 2022, Senin (8/3/2021).

Musrenbangcam sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, disebutkan bahwa Musrenbang penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) kabupaten/kota paling lambat dilaksanakan pada bulan maret.

Pelaksanaan Musrenbangcam bertujuan mendapatkan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD yang memuat prioritas pembangunan daerah, mendapatkan rincian rancangan awal RKA SKPD dan mendapatkan rincian rancangan awal kerangka regulasi menurut OPD yang berhubungan dengan pembangunan.

Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E. dalam sambutannya antara lain menyampaikan sesuai dengan aturan, bahwa pelaksanaan musrenbang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, provinsi dan pada akhirnya sampai ke Tingkat Nasional.

“Sebelum pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten, kepada Kepala Bappeda saya minta dalam menyusun program kerja dan usulan kegiatan pembangunan Tahun Anggaran 2022 tetap memperhatikan setiap masukan atau usulan dari masyarakat melalui musrenbang desa/kelurahan dan kecamatan, serta menentukan skala prioritas”, ujar Erwin Octavian.

Bupati Seluma juga mengatakan bahwa pelaksanaan Musrenbangcam Tahun 2022 mempunyai momentum yang sangat strategis, yaitu Kabupaten Seluma telah menyelenggarakan pemilihan kepala daerah, sehinggq pelaksanaan Musrenbang Kabupaten Seluma Tahun 2022 kita laksanakan sesuai dengan visi Bupati dan Wakil Bupati Seluma “Mila Besamo untuk Seluma Alap”.

Dengan misi yaitu mewujudkan aksebilitas dan kualitas pelayanan kebutuhan bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang permukiman, bidang sosial serta memajukan bidang kebudayaan.

Optimalisasi sumber daya daerah untuk mewujudkan daya saing ekonomi daerah dan investasi yang kondusif serta mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bersih serta layanan publik yang berkualitas dan berbasis teknologi informasi.

Untuk mewujudkan visi misi ini akan didukung dengan 5 (lima) prioritas daerah yaitu Seluma seribu jalan mulus, Seluma desa maju, Seluma mudah berinvestasi, Seluma melayani, Seluma berbudaya dan beragama.

“Maka pada kesempatan ini saya mengajak kepada semua komponen masyarakat kabupaten seluma terutama kepala desa, lurah dan camat untuk berperan aktif dan bersinergi melaksanakan tugas dalam mengisi pembangunan kabupaten seluma yang kita cintai ini”, lanjut Erwin Octavian.

Camat Semidang Alas Maras Hendri Kusyanto menyampaikan prioritas pembangunan yang diusulkan adalah program kegiatan yang mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2024.

redaksi